Kenali Fungsi Utama Kelenjar Prostat pada Tubuh

Kelenjar prostat merupakan salah satu organ pada sistem reproduksi laki-laki yang berperan penting dalam menjaga kondisi kesehatan, utamanya kesehatan seksualitas. Organ ini memiliki bentuk kelenjar kecil dan terletak persis di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat juga memiliki fungsi penting lainnya. Apa saja fungsi tersebut?

Menyeimbangkan Hormon

Kelenjar prostat memiliki peranan penting dalam proses metabolisme hormon testosteron yang merupakan hormon seks pada laki-laki. Proses metabolisme tersebut memanfaatkan enzim yang bernama 5-Alpha Reductase yang dihasilkan oleh kelenjar prostat. Hormon seks diproduksi oleh testis dan beredar dalam darah.

Proses metabolisme mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT) yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon dengan menjaga jumlah atau tingkat hormon yang tepat. Peran DHT juga diperlukan untuk menjaga perkembangan dan kesehatan organ seksual.

Memproduksi Cairan Prostat

Saat proses ejakulasi berlangsung, kelenjar prostat berperan untuk menghasilkan cairan prostat yang dapat memberikan perlindungan pada cairan sperma, meningkatkan kelancaran aliran sperma, juga dapat memaksimalkan proses pembuahan.

Cairan prostat juga dapat memberikan enzim, protein, dan sejumlah ion pada sperma, sehingga sel sperma dapat bertahan hidup dalam waktu cukup hingga menemukan sel telur yang akan dibuahi. Keseimbangan kadar asam dan basa dalam saluran reproduksi juga dapat dijaga oleh cairan prostat, sehingga dapat mencegah kerusakan sel sperma akibat perubahan lingkungan.

Memberikan Perlindungan Terhadap Infeksi

Tak kalah penting, cairan prostat yang dihasilkan oleh kelenjar prostat juga memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba berperan untuk mencegah perkembangan bakteri, sehingga organ dan saluran reproduksi pria dapat terlindungi dari infeksi. Dengan demikian kesuburan sistem reproduksi pria juga dapat terjaga dengan baik.

Referensi:

  1. J. E. McNeal. Normal Anatomy of The Prostate and Changes in Benign Prostatic Hypertrophy. In Prostate: Basic and Clinical Aspects. 1988:1-22.
  2. J. Geller, et.al. D. Effects of 5-alpha reductase inhibitors on erectile function, sexual desire and ejaculation. Expert Opinion on Drug Safety. 2002;1(3): 243-48.
  3. C. Mestayer, et.al. Epididymal secreted and membrane proteins: potential targets of male fertility regulation. Journal of Andrology. 2002;23(5):602-9.