Virus Hepatitis B: Dapat Menyebabkan Penyakit Apa Saja?

Virus hepatitis B (HBV) adalah jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis B pada organ hati manusia. Jenis virus ini dapat menular melalui beberapa media, seperti darah, juga cairan atau lendir dari dalam tubuh melalui alat suntikan, alat cukur, hingga hubungan seks. Apabila terinfeksi virus hepatitis B, maka dapat menyebabkan sejumlah penyakit hati. Apa saja penyakit tersebut? Berikut penjelasannya!

Infeksi Akut dan Kronik

Seseorang yang terinfeksi virus hepatitis B pada umumnya akan mengidap infeksi akut atau infeksi kronik. Faktor yang paling berpengaruh terhadap jenis infeksi yang diderita adalah usia. Jika yang terinfeksi virus hepatitis B adalah bayi hingga anak yang berusia dibawah 6 tahun, maka besar kemungkinan akan mengalami penyakit hepatitis B kronik. Meski demikian, risikonya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Jika terinfeksi virus hepatitis B saat usia 6 tahun ke atas, maka kemungkinan jenis infeksi yang diderita adalah infeksi akut yang peluang pemulihannya lebih besar.

Penyakit Autoimun 

Beberapa orang yang terinfeksi virus hepatitis B bisa saja mengalami penyakit autoimun. Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem imun tubuh menyerangi organ hati itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan peradangan bahkan kerusakan pada hati sehingga mengakibatkan fungsi hati menjadi turun dan akan berdampak terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Komplikasi Penyakit

Apabila infeksi virus hepatitis B berlangsung dalam jangka waktu panjang dan tidak mendapatkan tindakan medis yang tepat, maka hal ini dapat memperbesar peluang terjadinya komplikasi penyakit pada hati. Salah satunya adalah sirosis hati yang merupakan suatu kondisi di mana jaringan parut menggantikan jaringan hati normal. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan gagal hati hingga kanker hati.

Referensi:

  1. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Autoimmune Hepatitis. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: http://jurnalmka.fk.unand.ac.id/index.php/art/article/view/64/61
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Viral Hepatitis Surveillance Report – United States, 2021. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cdc.gov/hepatitis/hbv/bfaq.htm#bFAQa04