TAHUKAH KAMU? Vaksin ini penting dilakukan untuk cegah kanker serviks

Tahukah Anda bahwa vaksin HPV (Human Papillomavirus) merupakan vaksin yang penting dilakukan untuk mencegah kanker serviks? Vaksin HPV dirancang untuk melindungi terhadap infeksi virus HPV, yang merupakan penyebab utama kanker serviks. Kanker serviks diketahui sebagai salah satu kanker yang sering menyerang wanita, selain kanker payudara. Jumlah angka kematian wanita karena kanker serviks pun masih tinggi. 

Melakukan pencegahan sejak dini sangat penting untuk menurunkan angka kematian akibat kanker serviks. Maka dari itu, salah satu cara pencegahan kanker serviks adalah dengan melakukan vaksin HPV.

Vaksin HPV adalah vaksin yang dirancang untuk melindungi individu dari infeksi HPV dan penyakit yang dapat disebabkan oleh virus ini. Vaksin ini bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus HPV jika individu terpapar di masa mendatang. Vaksin ini paling efektif jika diberikan sebelum individu terpapar HPV, yaitu pada anak-anak dan remaja sebelum mereka aktif secara seksual.

Sudah dipastikan bahwa infeksi HPV menular melalui kontak seksual, baik oral, vaginal, atau anal. Dengan demikian, untuk melindungi Anda dari virus HPV, gunakanlah alat pengaman saat berhubungan seksual.

Selain vaksin HPV, Anda dapat melakukan Pap smear secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin, terlebih jika Anda kerap melakukan aktivitas yang meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut. Deteksi dini dapat meningkatkan prognosis suatu penyakit.

Vaksin HPV adalah alat penting dalam upaya pencegahan kanker serviks dan penyakit terkait HPV lainnya. Informasi keamanan yang terkait dengan vaksin ini menunjukkan bahwa efek samping yang mungkin sangat ringan dan jarang terjadi. 

Manfaat jangka panjang dari vaksinasi HPV dalam melindungi kesehatan individu dan masyarakat lebih besar daripada risiko yang mungkin ada. Namun penting untuk mendapatkan informasi tentang vaksin HPV dari sumber yang dapat dipercaya, seperti dokter atau penyedia layanan kesehatan. 

Referensi: