Mengenal 4 Tahapan Stadium Kanker Serviks yang Dirasakan Penderita

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada leher rahim, yaitu bagian bawah rahim yang menghubungkan dengan vagina. Kanker serviks dapat berkembang secara perlahan dan biasanya dimulai dari sel-sel prakanker. Jika tidak ditangani dengan serius, kanker serviks dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya dan bahkan dapat menyebar ke organ-organ lain dalam tubuh.

Kanker serviks adalah penyakit yang sangat serius dan dapat mengubah hidup penderitanya secara signifikan. Setiap tahap dari kanker serviks memiliki gejala yang berbeda dan perubahan yang signifikan pada tubuh dan pikiran penderita.

Setelah seseorang didiagnosis menderita kanker serviks, dokter akan mencoba untuk mengetahui apakah kanker tersebut telah menyebar, dan jika ya, sejauh mana. Proses ini disebut stadium. Tahapan stadium kanker menggambarkan seberapa jauh kanker tersebut menyebar di dalam tubuh. Hal ini sangat membantu untuk menentukan seberapa serius kanker tersebut dan bagaimana cara terbaik untuk mengobatinya. Tahapan stadium adalah salah satu faktor paling penting dalam memutuskan bagaimana cara mengobati kanker dan menentukan seberapa berhasilnya pengobatan.

Untuk menentukan tahap kanker setelah didiagnosis menderita kanker serviks, dokter biasanya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Seberapa jauh kanker telah tumbuh ke dalam serviks?
  • Apakah kanker telah menyebar ke struktur yang berdekatan?
  • Apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke organ yang jauh?

Informasi dari pemeriksaan dan tes digunakan untuk menentukan ukuran tumor, seberapa dalam tumor telah menyerang jaringan di dan sekitar serviks, serta penyebarannya ke tempat-tempat jauh (metastasis).

Klasifikasi Tahapan Stadium Kanker Serviks

Federasi Internasional Ginekologi dan Obstetri (FIGO) berpendapat bahwa sistem stadium apa pun harus dapat dilakukan secara universal dan dapat diterapkan di seluruh dunia, serta memberikan klasifikasi standar yang dapat dibandingkan oleh berbagai pusat medis di seluruh dunia. Kategori utama dalam klasifikasi FIGO adalah sebagai berikut:

  • Tahap 0: Karsinoma in situ. Sel-sel abnormal pada lapisan terdalam serviks.
  • Tahap I: Karsinoma invasif yang terbatas pada serviks.
  • Tahap II: Penyebaran lokal di luar uterus tetapi belum mencapai dinding panggul atau sepertiga bawah vagina.
  • Tahap III: Penyebaran kanker ke dinding panggul atau sepertiga bawah vagina, dan/atau hidronefrosis (kondisi ketika urine menumpuk dan tidak dapat keluar dari tubuh, sehingga ginjal mengalami pembengkakan, baik pada salah satu atau kedua ginjal) atau ginjal yang tidak berfungsi yang terjadi karena invasi ureter.
  • Tahap IV: Penyebaran kanker di luar panggul sejati atau ke dalam mukosa kandung kemih atau rektum.

Tahapan FIGO juga dapat dikategorikan secara detail sebagai berikut:

Stadium I

Kanker serviks terbatas pada leher rahim (abaikan perluasan ke korpus)

  • IA: Kanker invasif didiagnosis hanya melalui mikroskop; invasi stroma dengan kedalaman maksimum <5,0 mm, diukur dari dasar epitel; keterlibatan ruang vaskular, vena atau limfatik, tidak memengaruhi klasifikasi
    • IA1: Invasi stroma yang diukur <3,0 mm dalam kedalaman
    • IA2: Invasi stroma yang diukur ≥ 3,0 mm dan <5,0 mm
  • IB: Kanker invasif dengan invasi terdalam yang diukur ≥5 mm (lebih besar dari tahap IA), lesi terbatas pada leher rahim
    • IB1: Kanker invasif dengan kedalaman invasi stroma ≥5 mm dan <2 cm dalam dimensi terbesar
    • IB2: Kanker invasif, 2 cm hingga <4 cm dalam dimensi terbesar
    • IB3: Kanker invasif, ≥4 cm dalam dimensi terbesar

Stadium II

Kanker serviks menyebar ke luar uterus tetapi tidak sampai ke dinding panggul atau ke terusan bawah vagina

  • IIA: Keterlibatan terbatas pada dua pertiga bagian atas vagina, tanpa invasi parametrial
    • IIA1: Kanker invasif <4 cm dalam dimensi terbesar
    • IIA2: Kanker invasif ≥4 cm dalam dimensi terbesar
  • IIB: Tumor dengan invasi parametrial tetapi tidak sampai ke dinding panggul

Stadium III

Kanker melibatkan terusan bawah vagina dan / atau menyebar ke dinding panggul dan / atau menyebabkan hidronefrosis atau ginjal nonfungsional dan / atau melibatkan kelenjar getah bening panggul dan / atau para-aorta

  • IIIA: Tumor melibatkan terusan bawah vagina, tanpa invasi ke dinding panggul
  • IIIB: Tumor menyebar ke dinding panggul dan / atau menyebabkan hidronefrosis atau ginjal nonfungsional
  • IIIC: Keterlibatan kelenjar getah bening panggul dan / atau para-aorta, terlepas dari ukuran dan luas tumor (dengan notasi r [imaging] dan p [patologi])
    • IIIC1: Metastasis kelenjar getah bening panggul saja
    • IIIC2: Metastasis kelenjar getah bening para-aorta

Stadium IV

Kanker telah menyebar ke luar panggul sejati atau telah melibatkan (terbukti biopsi) mukosa kandung kemih atau rektum.

  • IVA: Menyebar ke organ panggul yang berdekatan
  • IVB: Menyebar ke organ jauh
Klasifikasi-stadium-kanker-serviks

Hal – Hal yang Dirasakan Oleh Penderita Kanker Serviks per-Stadium

Adapun yang dirasakan oleh pasien penderita kanker serviks per-Stadium umumnya adalah sebagai berikut.

Stadium I Kanker Serviks

Tahap 1 kanker serviks biasanya tidak menimbulkan gejala yang jelas, sehingga seringkali tidak terdeteksi sampai tes pap smear atau tes HPV dilakukan. Namun, pada tahap ini, beberapa penderita dapat merasakan sakit saat berhubungan intim atau saat menstruasi. 

Stadium II Kanker Serviks

Pada tahap ini, kanker serviks telah menyebar ke jaringan di sekitarnya, seperti rahim atau dinding panggul. Gejala-gejala yang muncul pada tahap ini, seperti pendarahan atau nyeri panggul, seringkali dianggap sebagai gejala menstruasi yang berat dan tidak dipedulikan. Rasa sakit yang dirasakan pada tahap ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderita.

Stadium III Kanker Serviks

Pada tahap ini, kanker serviks telah menyebar ke jaringan yang lebih jauh dari rahim, seperti kandung kemih atau rektum. Gejala-gejala yang muncul pada tahap ini, seperti kesulitan buang air kecil atau besar, atau nyeri saat berhubungan intim, dapat sangat mengganggu kualitas hidup penderita.

Stadium IV Kanker Serviks

Pada tahap ini, kanker serviks telah menyebar ke organ-organ lain dalam tubuh, seperti paru-paru atau hati. Gejala-gejala yang muncul pada tahap ini, seperti sesak napas atau nyeri pada tulang, sangat mengganggu kualitas dan keselamatan hidup penderita.

Penderita kanker serviks mengalami perubahan fisik dan emosional yang signifikan pada setiap tahap dari penyakit ini. Rasa sakit yang dirasakan pada setiap tahap dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari penderita, dan perubahan fisik dan emosional yang terjadi dapat menimbulkan rasa takut dan kecemasan yang berat.

Survival Rate Penderita Kanker Serviks

Salah satu cara untuk memperkirakan harapan hidup saat berjuang melawan kanker adalah dengan mempertimbangkan tingkat kelangsungan hidup relatif selama lima tahun untuk jenis kanker tersebut. Tingkat kelangsungan hidup relatif selama lima tahun menunjukkan kemungkinan seseorang dengan jenis dan stadium kanker tertentu akan hidup setidaknya selama lima tahun setelah didiagnosis, dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kanker. Tingkat tersebut mencakup harapan hidup pasien yang masih dalam perawatan dan mereka yang telah menyelesaikan pengobatan dan tidak memiliki bukti penyakit lebih lanjut.

American Cancer Society melaporkan tingkat kelangsungan hidup kanker serviks sebagai berikut:

  • Kanker serviks lokal: Jika kanker belum menyebar di luar serviks atau uterus, tingkat kelangsungan hidup relatif selama lima tahun adalah 92 persen.
  • Kanker serviks regional: Bagi pasien dengan kanker serviks yang telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, tingkat kelangsungan hidup relatif selama lima tahun adalah 58 persen.
  • Kanker serviks jauh: Jika kanker telah menyebar ke organ atau bagian tubuh jauh (seperti paru, tulang, atau rektum/bagian dari usus besar), tingkat kelangsungan hidup relatif selama lima tahun adalah 18 persen.

Penting bagi kita untuk memahami tahapan kanker serviks dan gejala-gejalanya agar dapat memberikan dukungan dan perawatan yang tepat untuk penderita. Perlunya dukungan dan perawatan untuk penderita kanker serviks harus dipahami oleh masyarakat agar dapat membantu penderita untuk melalui masa sulit ini dengan lebih mudah.

Untuk memastikan agar anda terhindar dari risiko yang dapat ditimbulkan dari kanker serviks yang terlambat untuk ditangani, ada baiknya anda mulai rutin melakukan tes deteksi kanker sebagai tindakan preventif untuk kesehatan dan keselamatan nyawa anda. Anda tidak perlu bingung dan khawatir, karena anda dapat dengan mudah menemukan layanan deteksi dini kanker serviks di website One Onco yang dapat anda temukan di sini. One Onco juga menyediakan fitur belanja sehat yang memudahkan anda untuk mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pasien kanker seperti Nutrican.

Referensi

https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/detection-diagnosis-staging/staged.html

https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cervical-cancer/advanced/symptoms

https://www.nccc-online.org/hpvcervical-cancer/stages-of-cervical-cancer/

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/cervical-cancer

https://www.kucancercenter.org/news-room/blog/2021/01/understanding-cervical-cancer-stages

https://www.healthline.com/health/cervical-cancer/stage-3-cervical-cancer-symptoms#overview

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervical-cancer/symptoms-causes/syc-20352501

https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/detection-diagnosis-staging/survival.html

https://emedicine.medscape.com/article/2006486-overview