Sulit Dikendalikan, Ini Proses Penyebaran Sel Kanker Dalam Tubuh

Kanker adalah penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai sejak dini. Penyakit kanker terjadi ketika pertumbuhan sel abnormal melebihi dari batas yang dapat ditangani oleh sistem kekebalan tubuh. Tak hanya terus bertumbuh, sel abnormal ini dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya dan merusak sel-sel dalam bagian tubuh tersebut dan hal ini sulit untuk dikendalikan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui proses penyebaran sel kanker dalam tubuh, Anda bisa simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu Kanker?

Menurut situs National Cancer Institute, kanker adalah penyakit di mana beberapa sel tubuh tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.  Kanker dapat bermula hampir di seluruh bagian tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel. Biasanya, sel manusia tumbuh dan berkembang biak melalui proses yang disebut pembelahan sel untuk membentuk sel-sel baru sesuai kebutuhan tubuh. Ketika sel-sel menjadi tua atau rusak, sel akan mati, dan sel-sel baru akan menggantikannya.

Terkadang proses sel-sel ini akan terganggu, dan sel-sel abnormal atau rusak tumbuh dan berkembang ketika seharusnya tidak. Sel-sel inilah yang dapat membentuk tumor, yang merupakan gumpalan jaringan. Tumor dapat bersifat kanker (tumor ganas) atau tidak bersifat kanker. 

Tumor kanker atau tumor ganas dapat menyebar atau menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain untuk membuat tumor baru. Proses penyebaran ini disebut sebagai metastasis. Banyak kanker membentuk tumor padat, tetapi pada kanker darah seperti leukemia, hal ini umumnya tidak terjadi. 

Tumor jinak tidak dapat menyebar atau menyerang jaringan di sekitarnya. Saat diangkat, tumor jinak biasanya tidak tumbuh kembali, sedangkan tumor kanker terkadang tumbuh kembali. Namun, tumor jinak terkadang bisa bertumbuh besar. Beberapa dapat menyebabkan gejala serius yang mengancam jiwa, seperti tumor jinak pada otak.

Bagaimana Kanker Dapat Menyebar?

Saat tumor kanker tumbuh, aliran darah atau sistem limfatik dapat membawa sel kanker ke bagian lain dari tubuh. Selama proses ini, sel kanker tumbuh dan dapat berkembang menjadi tumor baru. Kondisi ini dikenal sebagai metastasis.

Salah satu tempat pertama kanker sering menyebar adalah kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah organ kecil berbentuk kacang yang membantu melawan infeksi. Kelenjar getah bening terletak di berbagai bagian tubuh, seperti leher, daerah selangkangan, dan di bawah lengan.

Selain itu, kanker juga dapat menyebar dari aliran darah ke bagian tubuh lainnya. Kanker dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh seperti tulang, hati, paru-paru, atau otak. Bahkan jika kanker sudah menyebar, penyakit kanker tersebut masih dinamai sesuai dengan area dimana kanker tersebut dimulai. Misalnya, jika kanker payudara menyebar ke bagian paru-paru, kanker itu akan disebut kanker payudara metastatik, bukan kanker paru-paru.

Berapa Lama Sel Kanker Dapat Menyebar?

Sel kanker yang memiliki lebih banyak kerusakan genetik biasanya tumbuh lebih cepat daripada sel kanker dengan kerusakan genetik yang lebih sedikit. Berikut jenis-jenis kanker berdasarkan waktu penyebarannya:

Kanker yang umumnya tumbuh lebih lambat

  • Kanker payudara
  • Leukemia limfositik kronis 
  • Kanker usus besar dan dubur
  • Sebagian besar jenis kanker prostat

Kanker yang umumnya tumbuh lebih cepat

  • Leukemia limfoblastik akut dan leukemia myeloid akut
  • Kanker payudara jenis tertentu seperti kanker payudara inflamasi dan kanker payudara triple-negatif
  • Limfoma sel B besar
  • Kanker paru-paru
  • Kanker prostat langka seperti karsinoma sel kecil atau limfoma

Baca juga: Kanker Payudara, Berapa Lama Hingga Sel Kanker Menyebar?

Demikian ulasan mengenai proses penyebaran kanker dalam tubuh. Penyebaran sel kanker dapat terjadi secara cepat dan sulit untuk dikendalikan. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai penyakit kanker sejak dini agar dapat mendeteksinya lebih cepat yang dapat mengurangi kemungkinan penyakit kanker yang lebih serius. 

Agar dapat mendeteksi sel kanker sejak awal, Anda bisa rutin melakukan tes kanker yang dapat mengetahui tingkat risiko penyakit kanker Anda. Anda bisa andalkan OneOnco untuk pemesanan layanan deteksi kanker di rumah sakit terdekat dari tempat tinggal Anda. Cek & pesan layanan deteksi kanker dari rumah sakit rekanan OneOnco di sini.

Referensi:

Healthline. How Fast Does Cancer Spread? Without Treatment, Growth Rate, More

National Cancer Institute. What Is Cancer? – NCI

Cancer.Net. What is Cancer?