Prosedur Medis untuk Pengidap Kanker Payudara

Kanker payudara dapat ditangani dengan berbagai cara, salah satunya dengan melalui berbagai prosedur medis seperti radioterapi yang berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker payudara. Prosedur medis ini juga dilakukan berdasarkan jenis kanker payudara dan seberapa jauh penyebarannya. Prosedur medis seperti di bawah ini mungkin akan Anda jalankan saat mengidap kanker payudara:

Apa Saja Prosedur Medis untuk Pengidap Kanker Payudara

Radioterapi

Radioterapi untuk kanker payudara adalah salah satu langkah penanganan kanker payudara yang memanfaatkan radiasi sinar X berenergi tinggi, sinar proton, dan partikel lain untuk membunuh sel kanker. Radioterapi menjadi salah satu prosedur yang efektif untuk membunuh sel kanker, sebab sel kanker yang punya pertumbuhan cepat cenderung lebih rentan terhadap efek radioterapi dibandingkan sel-sel normal.

Melansir Mayo Clinic, radioterapi dapat digunakan untuk menangani kanker payudara di hampir setiap stadium. Serta menjadi cara efektif untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker payudara setelah tindakan operasi. Di sisi lain, radioterapi juga dimanfaatkan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh kanker payudara yang telah menyebar (kanker metastatik)

Terdapat dua jenis dari radioterapi untuk kanker payudara yang dibedakan dari cara pemberiannya:

  • Radiasi Eksternal: Radiasi eksternal merupakan jenis radioterapi yang paling umum digunakan untuk menangani kanker payudara. Radiasi eksternal menggunakan sebuah mesin yang memancarkan sinar radiasi ke payudara dari luar tubuh (keterangan ini dihapus dan diganti dengan keterangan di bawah karena maksudnya sama)
  • Radiasi Internal (brakiterapi): Radiasi internal dilakukan setelah menjalani tindakan operasi untuk mengangkat kanker payudara, dimana akan ditanamkan alat penghantar radiasi pada payudara di area kanker ditemukan. 

Terapi Radiasi Eksternal

Terapi radiasi eksternal merupakan salah satu jenis dari radioterapi yang umum digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Melansir National Cancer Institute, terapi radiasi eksternal menggunakan mesin yang mengarahkan sinar radiasi ke area/anggota tubuh yang terdapat sel kanker. Misalnya, jika Anda menderita kanker payudara, Anda hanya mendapatkan terapi radiasi eksternal di bagian dada/payudara, tidak ke seluruh tubuh.

Jenis sinar yang digunakan dalam terapi radiasi eksternal berasal dari tiga jenis partikel, yaitu:

  • Foton
  • Proton
  • Elektron

Ada beberapa jenis terapi radiasi eksternal, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sinar radiasi tingkat tinggi ke tumor dan menyelamatkan jaringan normal di sekitarnya. Jenis terapi radiasi eksternal diantaranya adalah:

  • 3-D conformal radiation therapy: 
  • Intensity-modulated radiation therapy (IMRT)
  • Image-guided radiation therapy (IGRT)
  • Tomotherapy®
  • Stereotactic radiosurgery
  • Stereotactic body radiation therapy

Itulah dia prosedur medis yang mungkin akan dijalani oleh pengidap kanker payudara. Prosedur medis bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang berbahaya agar tidak kembali bertumbuh atau menyebar. Semoga informasi di atas membantu Anda untuk mengetahui prosedur medis untuk para pengidap kanker payudara.

Jangan terlambat untuk menyadari risiko kanker payudara Anda! Anda perlu melakukan tes/skrining payudara secara rutin untuk mengetahui seberapa besar risiko yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda bisa andalkan layanan tes/skrining kanker payudara dari OneOnco yang bekerja sama dengan berbagai rumah sakit penyedia layanan tes/skrining kanker payudara. Jadwalkan diri Anda untuk lakukan tes/skrining kanker payudara dari OneOnco di sini. Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pasien kanker seperti Nutrican melalui fitur belanja sehat yang disediakan One Onco.

Referensi:

Mayo Clinic. Radiation therapy for breast cancer

National Cancer Institute. External Beam Radiation Therapy for Cancer

Centers for Disease Control and Prevention. How Is Breast Cancer Treated?