Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker

Terapi radiasi, yang juga dikenal sebagai radioterapi merupakan metode yang memiliki manfaat untuk pengobatan kanker dengan menggunakan sinar energi tinggi guna menghancurkan sel kanker serta mengurangi ukuran tumor. Ada dua jenis utama terapi radiasi yang dilakukan dari luar tubuh (eksternal) dan yang dilakukan dari dalam tubuh (internal) yang dapat menyembuhkan kanker dan mengecilkan tumor.

 

Terdapat dua jenis utama terapi radiasi:

  1. Terapi radiasi eksternal: Dalam terapi ini, sinar radiasi diarahkan ke daerah tumor dari luar tubuh menggunakan perangkat khusus seperti mesin radiasi. Pendekatan ini merupakan jenis terapi radiasi yang paling umum diterapkan.
  2. Terapi radiasi internal: Pada terapi ini, sumber radioaktif ditempatkan di dalam tubuh pasien, berdekatan dengan tumor yang menjadi sasaran. Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai metode, termasuk pemasangan implan radioaktif, penelanan kapsul yang mengandung zat radioaktif, atau penyuntikan zat radioaktif secara langsung ke dalam tubuh. Terapi radiasi internal juga sering disebut sebagai brakiterapi.

 

Pada dosis tinggi, terapi radiasi ini dapat membunuh sel kanker atau memperlambat pertumbuhannya dengan merusak DNA mereka.  DNA yang rusak parah akibat radiasi tidak bisa lagi diperbaiki oleh sel kanker, sehingga sel tersebut berhenti membelah diri atau mati.  Ketika sel-sel yang rusak ini mati, mereka akan dipecah dan dikeluarkan oleh tubuh.

Namun perlu dicatat, terapi radiasi tidak langsung membunuh sel kanker. Dibutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu selama perawatan untuk merusak DNA sel kanker secara cukup hingga menyebabkan kematian sel.  Proses kematian sel kanker akibat radiasi pun bisa terus berlanjut selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah terapi selesai.

 

Referensi:

  1. Sgouros, G., Bodei, L., McDevitt, M., & Nedrow, J. (2020). Radiopharmaceutical therapy in cancer: clinical advances and challenges. Nature Reviews. Drug Discovery, 19, 589 – 608. https://doi.org/10.1038/s41573-020-0073-9
  2. National Cancer Institute. (n.d.). Radiation therapy to treat cancer. National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/types/radiation-therapy