Makanan Pantangan Bagi Orang Yang Mengidap Kanker

Kanker adalah kondisi ketika sel-sel dalam tubuh tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali. Sel-sel ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan merusak jaringan normal. Kanker sendiri bisa terjadi di berbagai bagian tubuh kanker bisa beragam, termasuk faktor genetik, gaya hidup, dan lingkungan.

Seperti halnya kanker jenis lainnya, pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting bagi penderita kanker . Namun, selain makanan yang baik untuk dikonsumsi, ada juga makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker . Berikut adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker :

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker 

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, seperti permen, kue, dan minuman bersoda, sebaiknya juga dihindari oleh penderita kanker . Makanan ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang dapat memperburuk kondisi kesehatan penderita. Selain itu, makanan tinggi gula juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan resistensi insulin.

Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam, seperti makanan olahan dan makanan cepat saji, sebaiknya dihindari oleh penderita kanker . Makanan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien kanker. 

Makanan Olahan

Makanan olahan, seperti sosis, nugget, dan kue kering, sebaiknya juga dihindari oleh penderita kanker . Makanan ini mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat meningkatkan risiko kanker . Selain itu, makanan olahan juga umumnya mengandung tinggi garam dan gula, yang dapat memperburuk kondisi kesehatan penderita.

Alkohol

Alkohol sebaiknya dihindari oleh penderita kanker . Alkohol dapat merusak sel-sel sehat di dalam tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, begitu berada di dalam tubuh, alkohol dapat diubah menjadi asetaldehida, zat kimia yang dapat merusak DNA di dalam sel dan telah terbukti menyebabkan kanker pada hewan percobaan.

Minum alkohol juga dapat menyebabkan stres oksidatif dalam sel, menyebabkan mereka menciptakan lebih banyak spesies oksigen reaktif (molekul reaktif kimiawi yang mengandung oksigen). Hal ni dapat menyebabkan kerusakan di dalam sel yang dapat meningkatkan risiko kanker.

diet-kanker

Penderita kanker  sebaiknya memperhatikan pola makan mereka dan menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. Sebaiknya penderita kanker  mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan rendah lemak, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, penderita kanker  juga sebaiknya menghindari merokok dan menghindari kontak dengan bahan kimia yang berbahaya.

Guna memastikan kebutuhan nutrisi penderita kanker terpenuhi dengan baik, tidak ada salahnya menambah beberapa suplemen yang memiliki nutrisi tinggi seperti Nutrican yang merupakan merupakan nutrisi khusus bagi pasien kanker yang dapat dikonsumsi sebelum, selama dan sesudah menjalani kemoterapi. 

Nutrican sendiri mengandung nutrisi yang tinggi kalori dan energi dilengkapi bcaa berikut 11 vitamin dan 7 mineral sehingga dapat menjaga kebutuhan asupan nutrisi orang yang sedang menjalani perawatan kanker. Anda bisa membeli Nutrican melalui website One Onco di sini.

Sumber : 

https://www.cancer.org/healthy/cancer-causes/diet-physical-activity/alcohol-use-and-cancer.html

https://moffitt.org/cancers/cervical-cancer/faqs/do-certain-foods-fight-cervical-cancer/

https://www.webmd.com/cancer/cancer-diet

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/cancer/preventing-cancer/