Komedian Nunung di Diagnosis Kanker Payudara: Berikut Gejala yang Dirasakan!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya yang diderita oleh lebih dari 65.858 wanita di Indonesia. Salah satunya adalah komedian tersohor tanah air Tri Retno Prayudati atau yang akrab disapa dengan Nunung. 

Awalnya, komedian berusia 59 tahun ini mengeluhkan rasa sakit, pegal, dan linu pada daerah lengan hingga ketiak. Karena sempat mengira hanya encok, ia pun tidak menganggap serius gejala ini. 

Hingga genap sudah 5 bulan nyeri yang dirasakan tidak hilang, akhirnya Nunung menjalani pemeriksaan biopsi dan mendapat diagnosis kanker payudara stadium 1 akhir. 

Kanker payudara pada stadium 1 ini menandakan bahwa sel kanker sudah bersifat invasif atau menyebar ke jaringan lain namun dalam area yang kecil. Ukuran tumor pada stadium ini pun masih cukup kecil, yaitu kurang dari 2 cm dan belum ditemukan di kelenjar getah bening atau organ dalam lainnya.

Meski demikian, Nunung masih harus menjalani PET scan untuk mengetahui penyebab dari kanker payudaranya serta untuk mengetahui sejauh apa sel kanker tersebut menyebar di dalam tubuh.

Maka dari itu, bahaya kanker payudara tidak bisa dianggap sebelah mata, anda bisa ketahui tanda atau gejala yang umum dirasakan oleh orang yang mengidap kanker payudara berikut ini!

Waspadai Faktor Risiko dan Gejala Awal Kanker Payudara

Faktor genetik memiliki efek yang cukup besar terhadap kerentanan seseorang akan kanker payudara. Seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker ini menjadi 2-3 kali lebih rentan.

Nunung merupakan salah satu wanita yang memiliki faktor risiko lebih tinggi dibanding lainnya. Hal ini karena ia memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara. Kakak perempuannya diketahui juga menderita penyakit yang sama. 

Selain genetik, ada faktor-faktor lain yang dapat memicu munculnya sel kanker pada jaringan payudara, yaitu:

  • Bertambahnya usia, kanker payudara lebih banyak ditemukan pada wanita usia di atas 50 tahun.
  • Menstruasi lebih awal sebelum usia 12 tahun
  • Menopause lebih lambat atau saat usia lebih dari 55 tahun
  • Penggunaan terapi hormon atau alat kontrasepsi hormon berkepanjangan
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Jika Anda memiliki beberapa faktor di atas, maka Anda wajib untuk melakukan pemeriksaan berkala dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan dan menyadari adanya perubahan pada payudara Anda. 

Deteksi dini kanker payudara dapat meningkatkan efektivitas pengobatan dan harapan hidup pasien. Berikut adalah beberapa gejala awal kanker payudara yang wajib Anda waspadai.

Munculnya Benjolan Tidak Normal Pada Payudara

Benjolan adalah tanda kanker payudara yang paling umum. Hal ini terbentuk dari sel-sel abnormal yang tumbuh dengan cepat dan terakumulasi menjadi massa padat.

Benjolan ini dapat muncul di semua area payudara, mulai dari puting, areola, kelenjar susu hingga ketiak. Umumnya, benjolan tanda kanker ini tidak nyeri ketika disentuh, padat cenderung keras, dan sulit digerakkan.

Perubahan Tekstur Kulit Payudara

Perubahan kulit di sekitar payudara disebabkan oleh sel-sel kanker yang juga menyerang sel-sel kulit yang sehat sehingga menjadi meradang.

Hal ini mengakibatkan munculnya beberapa perubahan seperti area kulit yang menebal seperti tekstur kulit jeruk, kulit yang menjadi cekung dan berkerut, hingga munculnya rasa gatal dan terbakar.

Nyeri Pada Payudara

Sel-sel kanker yang menyebar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada area payudara. Dalam beberapa kasus, seperti yang Nunung alami, rasa nyeri dapat menyebar ke bagian ketiak, lengan, hingga jaringan getah bening

Rasa nyeri yang umumnya dikeluhkan adalah sensasi menusuk dan kencang pada payudara. Nyeri ini mirip dengan yang dirasakan sebelum atau selama haid, namun dengan waktu yang lebih lama, selama satu minggu atau lebih dalam satu bulan.

Keluar Cairan dari Puting

Keluarnya cairan tidak normal dari puting atau disebut juga nipple discharge merupakan salah satu tanda adanya kelainan pada payudara, termasuk kanker.

Cairan yang keluar dari puting dan menandakan kanker umumnya berwarna coklat kemerahan. Kondisi ini juga umumnya disertai nyeri, ruam di sekitar area payudara, demam, hingga mual.

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Bahkan, kebanyakan kasus kanker payudara ditemukan saat stadium lanjut. Hal ini karena gejala-gejala kanker payudara kerap diabaikan dan tidak diperhatikan oleh pengidapnya.

Maka dari itu, apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas, harap segera hubungi dokter untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Lakukan juga pemeriksaan secara rutin dan pesan berbagai layanan deteksi kanker sebelum terlambat bersama OneOnco, di sini! Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pasien kanker seperti Nutrican melalui fitur belanja sehat yang disediakan One Onco.