Apakah Perlu Para Cancer Warrior untuk Mengonsumsi Nutrisi Khusus Menghadapi Kondisi Udara Saat Ini?

Kanker adalah salah satu penyakit yang telah menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Setiap tahun, jutaan orang didiagnosis dengan berbagai jenis kanker, dan perjuangan melawan penyakit ini seringkali memerlukan perawatan medis yang intensif. Saat ini, faktor lingkungan seperti polusi udara juga telah menjadi masalah serius yang dapat memengaruhi kesehatan manusia, termasuk para pengidap kanker. Bagaimana para cancer warrior/pejuang kanker tetap dapat menjaga kebugaran tubuhnya di tengah kondisi cuaca yang kurang baik? Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Keterkaitan Antara Kanker dan Polusi Udara

Polusi udara telah diidentifikasi sebagai faktor risiko utama bagi kesehatan manusia. Paparan terus-menerus terhadap polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, dan juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Partikel-partikel polusi udara yang sangat kecil dapat meresap ke dalam tubuh, mencapai sel-sel jaringan, dan memicu peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Menurut Cancer.gov, para pengidap kanker seringkali memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah yang disebabkan oleh berbagai hal diantaranya karena tindakan kemoterapi atau radioterapi sehingga menjadi lebih rentan terhadap efek buruk polusi udara. Asupan nutrisi yang baik telah diketahui memiliki peran penting dalam mengoptimalkan sistem imun tubuh, lalu bagaimanakah perannya dalam melindungi pejuang kanker terhadap efek negatif polusi udara?

Nutrisi yang Diperlukan oleh Para pengidap Kanker

Para pejuang kanker perlu memperhatikan nutrisi mereka untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem kekebalan mereka, terutama di tengah kondisi udara yang buruk. Makanan kaya antioksidan, omega-3, dan vitamin D dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatif polusi udara. Dilansir dari Betterhealth.vic, terdapat beberapa nutrisi kunci yang perlu diperhatikan oleh para pejuang kanker untuk menjaga kesehatan mereka:

  1. Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif, yang dapat disebabkan oleh paparan polusi udara. Memperoleh asupan yang cukup dari makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran adalah penting bagi para pejuang kanker.

  1. Omega-3

Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam ikan berlemak dan minyak ikan, memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi para pejuang kanker yang rentan terhadap peradangan.

  1. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari adalah sumber alami vitamin D, namun bagi mereka yang tinggal di daerah dengan polusi udara tinggi atau terbatas sinar matahari, suplemen vitamin D mungkin diperlukan.

Tips dalam Mengatasi Kondisi Udara yang Buruk

Untuk menurunkan risiko dari dampak perburukan kondisi udara, ada beberapa hal yang perlu dijadikan oleh para pejuang kanker, antara lain:

  • Konsumsi lebih banyak makanan antiinflamasi: Makanan seperti kurkumin (yang ditemukan dalam kunyit), teh hijau, dan bawang putih dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.
  • Perbanyak asupan air: Menurut jurnal NCBI, minum banyak air membantu tubuh mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat diserap melalui udara.
  • Meminimalkan paparan polusi: Hindari keluar saat tingkat polusi udara tinggi dan gunakan masker saat berada di luar ruangan.
  • Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi: Setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Para pejuang kanker sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk merancang rencana nutrisi yang sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

Metode Deteksi Dini Kanker

Deteksi dini merupakan kunci penting dalam menghadapi kanker. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, kita dapat menemukan tanda-tanda awal kanker. Salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh One Onco.

One Onco adalah layanan yang mengutamakan deteksi dini kanker. Melalui One Onco, Anda dapat melakukan pemeriksaan berkala dengan metode yang akurat dan terkini. Dengan mengandalkan tim medis yang berpengalaman, One Onco akan membantu Anda dalam mendeteksi kanker sejak dini, memberikan peluang terbaik untuk pengobatan yang sukses.

Selain layanan deteksi dini, One Onco juga menyediakan berbagai layanan kesehatan untuk mendukung pasien kanker. Salah satunya adalah layanan belanja sehat yang memenuhi kebutuhan nutrisi pasien kanker. Produk seperti Nutrican dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien kanker, membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh selama proses pengobatan.

One Onco juga menawarkan berbagai produk kesehatan kanker lainnya, yang dirancang untuk memberikan dukungan dan perawatan yang holistik. Dengan adanya One Onco, Anda dapat memperoleh bantuan dan dukungan yang komprehensif dalam perjalanan melawan kanker.

Mari bersama-sama melawan kanker dengan langkah preventif melalui deteksi dini. Manfaatkan layanan yang disediakan oleh One Onco untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang komprehensif dan dukungan yang Anda butuhkan. Dengan upaya bersama, kita dapat menghadapi kanker dengan lebih kuat dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Referensi

  1. National Cancer Institute. Nutrition in Cancer Care – Patient Version. [Internet] [cited 2023 September 11th]. Available from: https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/side-effects/appetite-loss/nutrition-pdq
  2. Better Health Channel. Cancer and Food. [Internet] [cited 2023 September 11th]. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/cancer-and-food
  3. American Cancer Society. Nutrition and Physical Activity During and After Cancer Treatment: Answer to Common Questions. [Internet] [cited 2023 September 11th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/survivorship/be-healthy-after-treatment/nutrition-and-physical-activity-during-and-after-cancer-treatment.html
  4. City of Hope. Colon Cancer Diet: Navigating Nutritional Challenges during Treatment. [Internet] [cited 2023 September 11th]. Available from: https://www.cancercenter.com/community/blog/2021/05/colon-cancer-diet
  5. National Library of Medicine. Water, Hydration, and Health. [Internet] [cited 2023 September 11th]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2908954/