Mengenal Gangguan Prostat dan Penyebabnya

Sebelum lebih lanjut membahas gangguan prostat, ketahui terlebih dahulu apa itu prostat. Prostat merupakan salah satu organ pada sistem reproduksi pria yang berfungsi sebagai penghasil cairan semen pada sperma. Organ ini berbentuk kelenjar kecil yang letaknya persis di bawah kandung kemih. Sama seperti organ tubuh lainnya, prostat bisa saja terkena gangguan yang menyebabkan kinerjanya menjadi tidak normal. Apa saja gangguan prostat yang dapat terjadi?

Radang Prostat

Radang prostat atau prostatitis adalah suatu kondisi prostat mengalami peradangan yang diakibatkan adanya infeksi bakteri. Salah satu jenis bakteri yang kerap kali menyebabkan infeksi adalah Escherichia coli (E. Coli). Bakteri tersebut menginfeksi dengan cara masuk ke prostat melalui uretra yang merupakan saluran urin atau sperma saat ejakulasi.

Penyebab lainnya yang mengakibatkan radang prostat adalah terjadinya kerusakan saraf pada area prostat karena adanya tekanan berlebihan pada saraf atau karena cedera. Adapun gejala yang dirasakan bila mengalami radang prostat seperti rasa perih sehingga sulit buang air kecil, nyeri panggul, hingga demam.

Pembesaran Prostat

Gangguan selanjutnya adalah pembesaran prostat yang sifatnya jinak atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Kondisi ini menyebabkan prostat mengalami peningkatan ukuran, sehingga menyebabkan gangguan lainnya bermunculan, seperti kesulitan buang air kecil, infeksi saluran kemih, retensi urin, hingga memicu adanya batu ginjal. Pada umumnya pembesaran prostat terjadi karena adanya perubahan hormon, seperti meningkatnya dihidrotestosteron (DHT).

Kanker Prostat

Gangguan kanker juga dapat terjadi pada prostat. Kanker prostat merupakan suatu kondisi ketika adanya tumor ganas akibat pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam prostat. Ada beberapa faktor yang dapat dikaitkan pada kanker prostat, seperti rokok, usia, obesitas, penyakit menular seksual, maupun riwayat penyakit keluarga.

Referensi

  1. American Cancer Society. Prostate Cancer Risk Factors. [Internet] [cited 2023 October 25th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/risk-factors.html
  2. Ulima Larissa, et.al. Hubungan Usia dan Indeks Masa Tubuh terhadap Derajat Histopatologi Kanker Prostat di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Periode 2017. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.