Kenali dan Catat, Beberapa Tahapan Stadium Penyakit Kanker

Mungkin Anda pernah mendengar istilah stadium dalam penyakit kanker, misalnya seperti kanker stadium 1, stadium 3 dan lainnya. Namun mungkin kita belum terlalu mengetahui pengertian, tujuan, dan jenis-jenis dari stadium kanker. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut soal stadium penyakit kanker, simak informasi selengkapnya mengenai stadium penyakit kanker di bawah ini.

Apa itu Stadium Kanker?

Menurut Cancer Institute NSW, stadium adalah sebuah istilah yang merujuk kepada proses 

mengukur seberapa jauh kanker telah menyebar saat pertama kali didiagnosis. Proses ini sering melibatkan pemindaian, biopsi (pengamatan dengan mikroskop), dan tes lainnya. 

Ada sistem pemetaan stadium kanker yang berbeda untuk setiap jenis kanker, tetapi umumnya menggunakan salah satu dari: 

  • Sistem stadium kanker bernomor
  • Sistem TNM

Stadium Penyakit Kanker

Sistem Stadium Kanker Bernomor

Sistem stadium kanker benomor menggabungkan sistem TNM dan informasi relevan lainnya untuk mengelompokkan kanker berdasarkan angka yang menunjukkan seberapa jauh kanker telah menyebar.

  • Stadium 0

Dalam taham stadium 0, ada pertumbuhan sel abnormal tetapi belum menyebar dari tempat asalnya. Kondisi ini disebut juga sebagai kanker ‘in-situ’.

  • Stadium I

Stadium I menunjukkan kanker yang berukuran kecil dan hanya menyebar sedikit ke jaringan terdekat dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ tubuh lainnya.

  • Stadium II & III

Kanker telah tumbuh lebih besar atau telah menyebar ke jaringan terdekat atau kelenjar getah bening.

  • Stadium IV

Kanker telah menyebar ke organ lain pada tubuh. Kanker stadium IV disebut juga sebagai kanker metastatik atau kanker stadium lanjut.

Sistem TNM

Sistem TNM menggunakan hasil dari x-ray, pemindaian, biopsi, dan tes lainnya untuk memberikan informasi tentang kanker dari seorang pasien. Sistem TNM terbagi menjadi tiga kategori yang diwakili oleh huruf TNM, diikuti oleh angka atau huruf yang menunjukkan tingkat dari kanker.

  • T (Tumor)

T (Tumor) menunjukan seberapa besar tumor atau kanker dan apakah tumor tersebut telah menyebar ke jaringan terdekat. T (Tumor) menggunakan angka 1 sampai 4 untuk memberikan informasi tentang seberapa besar ukuran dari tumor atau kanker.

  • N (Node/ Kelenjar)

N (Node/Kelenjar) menunjukkan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan berapa banyak kelenjar yang terdampak. 0 berarti tidak ada kelenjar getah bening yang terdampak, sedangkan angka 1 sampai 3 menunjukkan bahwa kelenjar getah bening terdampak serta menunjukkan seberapa banyak jumlah kelenjarnya. 

  • M (Metastasis)

M (Metastasis) menunjukkan apakah kanker telah menyebar dari tempat berasalnya ke bagian tubuh atau organ tubuh lain. Kondisi penyebaran kanker ke bagian tubuh atau organ tubuh lain juga disebut sebagai metastasis. 0 berarti tidak ada penyebaran dan 1 berarti telah menyebar. 

Baca juga: Mengenal Langkah Penanganan dalam Setiap Tahap Stadium Kanker Payudara

Pentingnya Mengetahui Stadium Kanker

Melansir situs Cancer.Net, stadium kanker membantu dokter Anda untuk merencanakan perawatan terbaik. Seperti menentukan jenis operasi, menggunakan kemoterapi atau terapi radiasi atau tidak. Mengetahui stadium kanker juga memudahkan seluruh tim perawat Anda berbicara tentang diagnosis Anda dengan cara yang sama. Selain itu, stadium kanker juga dapat digunakan dokter untuk:

  • Memahami kemungkinan kanker akan kembali atau menyebar setelah pengobatan awal.
  • Membantu memperkirakan peluang pemulihan yang disebut juga sebagai prognosis.
  • Membantu menentukan uji klinis kanker yang tepat untuk Anda.
  • Mengevaluasi seberapa baik pengobatan bekerja.
  • Membandingkan seberapa baik perawatan baru bekerja di antara kelompok besar orang dengan diagnosis yang sama.

Itulah informasi mengenai tahapan atau stadium dalam penyakit kanker. Untuk mengetahui keberadaan sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker lebih lanjut, Anda dapat melakukan pemeriksaan atau tes kanker secara rutin. Anda bisa melakukan tes kanker secara mudah dengan layanan deteksi kanker dari OneOnco. Layanan ini menyediakan berbagai jenis tes deteksi kanker untuk mengetahui keberadaan sel kanker sejak dini agar cepat ditangani. Deteksi kanker dari OneOnco dapat dilakukan di rumah sakit terdekat dari lokasi Anda. Cek & pesan layanan deteksi kanker OneOnco di sini.

Referensi:

Cancer Institute NSW. Stages of cancer | Cancer Institute NSW

Cancer.Net. Stages of Cancer – Cancer.Net