Mengenal Langkah Penanganan dalam Setiap Tahap Stadium Kanker Payudara

Penanganan kanker payudara bergantung pada banyak faktor, salah satunya adalah stadium kanker payudara. Stadium kanker payudara menandakan seberapa parah atau seberapa jauh kanker tersebut telah menyebar. Stadium kanker payudara memiliki gejala yang berbeda-beda, sehingga penanganannya juga akan berbeda dalam tiap stadiumnya. 

Berikut langkah penanganan kanker payudara pada setiap tahapannya.

Stadium Kanker Payudara

Melansir dari situs Mayo Clinic, stadium kanker payudara dikelompokkan menggunakan angka Romawi mulai dari 0-IV. Angka 0 menunjukkan kanker non-invasif atau terdapat di dalam saluran susu. Semakin besar angka stadium kanker menandakan kanker yang lebih invasif. Pada stadium IV, kanker payudara juga disebut kanker payudara metastatik yang berarti kanker telah menyebar ke organ tubuh lain.

Penanganan Kanker Payudara Pada Setiap Stadiumnya

Pada setiap stadium kanker payudara, memerlukan langkah penanganan yang berbeda-beda. Menurut situs American Cancer Society, berikut langkah-langkah penangan kanker payudara berdasarkan stadiumnya:

  1. Stadium 0

Kanker payudara stadium 0 juga dikenal sebagai Ductal Carcinoma in situ (DCIS) yang berarti sel-sel yang melapisi saluran susu telah menjadi kanker, tetapi belum menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya. Kanker payudara stadium 0 merupakan kanker payudara non-invasif atau pra-invasif, yang artinya kanker payudara stadium 0 belum menyebar ke organ lainnya. Namun, jika dibiarkan, kanker payudara stadium 0 dapat mengalami perubahan abnormal yang membuatnya menjadi kanker payudara invasif.

Dalam kebanyakan kasus, penanganan kanker payudara stadium 0 dapat dilakukan dengan melakukan pembedahan konservasi payudara (mengangkat jaringan abnormal/kanker pada payudara) dan mastektomi (pengangkatan payudara).

  1. Stadium I

Pada kanker payudara stadium I, umumnya ukuran sel kanker payudara masih relatif kecil dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau memiliki area persebaran kecil di kelenjar getah bening sentinel (kelenjar getah bening yang pertama kali dilalui sel kanker).

Tindakan operasi merupakan penanganan utama untuk kanker payudara stadium I, operasi yang dilakukan untuk menangani kanker payudara stadium I di antaranya adalah pembedahan konservasi payudara dan mastektomi yang dilanjutkan dengan terapi radiasi pasca-operasi. 

  1. Stadium II

Kanker payudara stadium II memiliki ukuran lebih besar dari stadium I dan/atau telah menyebar ke beberapa kelenjar getah bening di sekitarnya. Untuk penanganannya, kanker payudara stadium II juga perlu dilakukan tindakan operasi pembedahan seperti konservasi payudara dan mastektomi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, terapi target dan imunoterapi.

  1. Stadium III

Pada kanker payudara stadium III, ukuran sel kanker berukuran besar (sekitar 5 cm atau 2 inci), tumbuh ke jaringan terdekat seperti pada kulit di atas payudara atau otot di bawahnya, dan telah menyebar ke banyak kelenjar bening di sekitarnya. Penanganan kanker payudara stadium III umumnya dilakukan dengan pemberian kemoterapi sebelum tindakan operasi mastektomi. Setelah tindakan mastektomi juga diperlukan penanganan lanjutan dengan kemoterapi, terapi hormon, dan terapi target. Namun, hal ini disesuaikan dengan sifat sel kanker payudara yang diderita.

  1. Stadium IV

Kanker payudara stadium IV menunjukkan kondisi di mana kanker telah menyebar ke luar payudara dan kelenjar getah bening di sekitarnya serta menyebar ke organ tubuh lainnya. Kanker payudara stadium IV umumnya menyebar ke tulang, hati, paru hingga dapat menyebar ke otak dan organ tubuh lainnya.

Kanker payudara stadium IV tidak dapat disembuhkan, sehingga penanganan kanker payudara stadium IV bertujuan untuk meringankan gejala dan memperpanjang usia harapan hidup. Penanganan kanker payudara stadium IV di antaranya adalah kemoterapi, terapi hormon, terapi target, imunoterapi, dan beberapa kombinasi di antara penanganan tersebut.

Demikian informasi mengenai penanganan kanker payudara pada setiap stadiumnya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda dan untuk memberikan kesadaran akan penyakit kanker payudara. Jangan terlambat untuk menyadari kanker payudara, Anda dapat melakukan tindakan preventif dengan cara melakukan tes kanker payudara dengan metode mammografi atau USG payudara secara rutin untuk mengetahui kondisi payudara Anda.

Untuk itu, Anda dapat mengandalkan layanan tes kanker payudara dari OneOnco yang bekerja sama dengan rumah sakit terdekat di daerah Anda. Cek cakupan layanannya di sini dan lakukan pemesanan segera. Disamping itu, One Onco juga menyediakan fitur belanja sehat dimana anda bisa membeli berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh pasien kanker seperti Nutrican untuk pemenuhan nutrisi pasien kanker.

Referensi:

Mayo Clinic. Breast cancer staging

American Cancer Society. Treatment of Breast Cancer by Stage

American Cancer Society. Treatment of Ductal Carcinoma in Situ (DCIS)

American Cancer Society. Treatment of Breast Cancer Stages I-III

American Cancer Society. Treatment of Stage IV (Metastatic) Breast Cancer