Kanker Prostat: Gejala yang Wajib Diketahui Pria

Seiring dengan bertambahnya usia, masalah kesehatan pada sistem reproduksi bisa saja terjadi pada pria. Masalah kesehatan tersebut adalah gangguan pada kelenjar prostat berupa pembesaran prostat dan gangguan dalam berkemih. Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya gejala kanker prostat. Penting untuk mengetahui gejala kanker prostat sejak dini agar peluang pemulihannya lebih besar. Berikut sejumlah gejala yang dikaitkan dengan munculnya kanker prostat.

Pembesaran Prostat

Pada umumnya, bertambahnya usia pada pria juga diiringi dengan peningkatan ukuran prostat yang menyebabkan terjadinya pembesaran prostat atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Namun, pembesaran prostat ini bisa terjadi juga karena adanya pertumbuhan sel prostat yang tak terkendali sehingga membentuk tumor. Tentu perlu adanya pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab terjadinya pembesaran prostat.

Gangguan Buang Air Kecil

Pembesaran prostat yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel tumor yang tak terkendali mengakibatkan buang air kecil juga terganggu. Hal ini karena pembesaran prostat tersebut dapat menekan kandung kemih dan saluran urin (uretra). Kondisi ini dapat menghambat aliran urin dan menyebabkan gangguan dalam buang air kecil. Selain itu, pembesaran prostat juga menyebabkan pembuluh darah sekitar rusak dan pecah, sehingga saat buang air kecil dapat terlihat adanya darah pada urin.

Permasalahan Fungsi Seksual

Permasalahan fungsi seksual juga dapat dikaitkan dengan adanya kanker prostat. Terdapat beberapa gangguan fungsi seksual yang dapat terjadi, seperti kesulitan untuk ereksi dan rasa sakit yang berlebihan saat ejakulasi. Gangguan tersebut dapat menyebabkan hilangnya libido pada pria.

Permasalahan Lainnya

Jika sel kanker telah menyebar keluar dari kelenjar prostat itu sendiri, maka akan muncul gejala lainnya. Gejala tersebut seperti rasa nyeri pada paha, pinggul, dan punggung, mudah mengalami kelelahan meskipun saat aktivitas ringan, bahkan mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar.

Referensi

  1. American Cancer Society. Sign and Symptoms of Prostate Cancer. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/types/prostate-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html
  2. Cancer.Net. Prostate Cancer: Symptoms and Signs. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cancer.net/cancer-types/prostate-cancer/symptoms-and-signs