Golongan Orang Rentan Terkena Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis kanker yang menyerang sel-sel leher rahim. Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Kanker serviks biasanya menyerang wanita pada usia yang lebih tua, namun dapat terjadi pada wanita pada usia yang lebih muda.

Menurut American Cancer Society, sebagian besar kasus kanker serviks terjadi pada wanita yang berusia di atas 30 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita di bawah usia 20 tahun dan lebih jarang lagi pada wanita di bawah usia 15 tahun.

Golongan Orang yang Rentan Terkena Kanker Serviks

Salah satu langkah awal yang dapat anda lakukan guna mencegah terjadinya kanker serviks adalah dengan mengidentifikasi beberapa golongan orang yang rentan terjangkit kanker serviks, hal ini berguna supaya anda bisa langsung melakukan berbagai pemeriksaan untuk mendeteksi potensi kanker serviks semenjak dini.

Usia

Semakin tua seseorang, semakin besar risiko mereka untuk terkena kanker serviks. Wanita di atas usia 30 memiliki risiko yang lebih tinggi daripada wanita yang lebih muda. Tapi bukan berarti orang yang memiliki usia lebih muda tidak memiliki resiko terkena penyakit knnker ini.

Perilaku Seksual

Aktivitas seksual yang dimulai pada usia muda dan memiliki banyak pasangan seksual dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Penyakit menular seksual seperti Human Papillomavirus (HPV) juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

Riwayat Keluarga

Jika ada anggota keluarga yang telah terdiagnosis dengan kanker serviks, maka risiko Anda untuk terkena kanker serviks juga meningkat. Sehingga jika salah satu dari saudara atau orang tua anda memiliki riwayat diagnosis kanker serviks, anda perlu lebih waspada dan berhati – hati dengan rutin melakukan tes atau pengecekan kanker serviks

Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker serviks. Kandungan karsinogenik dalam rokok dapat merusak sel-sel leher rahim. Disamping itu, kandungan rokok juga dapat berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker serviks. Kondisi medis seperti HIV atau AIDS dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

ilustrasi-serviks

Cara Mencegah Terjadinya Kanker Serviks

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks, adapun beberapa langkah tersebut adalah:

Vaksin HPV

Vaksin HPV sangat efektif dalam mencegah infeksi virus yang menyebabkan kanker serviks. Vaksin ini direkomendasikan untuk wanita dan pria di bawah usia 26 tahun. Vaksin ini dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Pap Smear Secara Berkala

Tes Pap atau Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk memeriksa apakah ada perubahan sel-sel serviks yang abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks. Tes ini direkomendasikan untuk wanita di atas usia 21 tahun atau wanita yang sudah aktif secara seksual

Praktikan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat seperti berolahraga dan pola makan sehat serta seimbang, dapat membuat tubuh senantiasa bugar dan sehat. Disamping itu, dengan memastikan kita menjalani pola hidup sehat, imun tubuh kita akan semakin baik pula dan bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Kanker serviks dapat terjadi pada siapa saja, tetapi dengan mengetahui faktor-faktor risiko dan cara-cara untuk mencegahnya, kita dapat membantu melindungi kesehatan serviks kita. Jika anda atau salah satu orang terdekat anda termasuk golongan orang yang rentan terkena kanker serviks, ada baiknya segera lakukan tindakan preventif sebelum terlanjur parah, anda bisa melakukan hal tersebut dengan melakukan deteksi dini kanker serviks ataupun vaksin HPV melalui website one onco dengan mudah. One Onco juga menyediakan fitur belanja sehat yang memudahkan anda untuk mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pasien kanker seperti Nutrican.

Sumber:

https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/about/key-statistics.html

https://www.cdc.gov/cancer/cervical/