Tanda Gejala Kanker

Good People perlu mengetahui beberapa tanda dan gejala umum dari kanker:

• Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan: penurunan berat badan sekitar 5 kg atau lebih mungkin merupakan tanda pertama dari kanker. Hal ini sering dijumpai pada kanker pankreas, lambung, esofagus (saluran sebelum lambung), dan paru.

• Demam: hampir semua pasien kanker akan mengalami demam terutama jika kanker atau terapinya mempengaruhi sistem pertahanan tubuh. Selain itu, demam mungkin merupakan tanda awal dari kanker darah seperti leukemia atau limfoma. 

• Fatigue (perasaan sangat lelah yang tidak membaik dengan istirahat): mungkin merupakan gejala yang penting seiring dengan pertumbuhan kanker. Fatigue dapat terjadi lebih awal pada leukemia. Kanker usus besar atau lambung dapat menyebabkan perdarahan yang tidak nyata sehingga menyebabkan lelah karena anemia.

• Nyeri: hal ini merupakan gejala awal kanker seperti kanker tulang atau kanker testis (buah zakar). Nyeri kepala yang tidak hilang atau membaik dengan terapi mungkin merupakan gejala tumor otak dan nyeri punggung belakang dapat merupakan gejala kanker usus besar atau ovarium (indung telur). Nyeri seringkali disebabkan oleh kanker yang sudah bermetastasis.

• Perubahan pada kulit: kulit terlihat lebih gelap, kulit dan mata kekuningan, kulit kemerahan, gatal, pertumbuhan rambut yang berlebihan. 

Seringkali tanda dan gejala yang ada bukanlah kanker, oleh karena itu penting sekali untuk dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyakit tersebut adalah kanker atau bukan.

Selain tanda dan gejala umum, tanda dan gejala lainnya perlu diperhatikan. American Cancer Society menyingkatnya dengan CAUTION agar mudah diingat: 

C: Change in bowel or bladder habits (perubahan buang air besar dan buang air kecil). Hal ini mungkin terkait dengan kanker kandung kemih atau prostat, atau kanker usus besar. 

A: A sore throat that does not heal (radang tenggorok yang tidak kunjung sembuh). 

U: Unusual bleeding or discharge (perdarahan atau keluar cairan yang tidak seperti biasanya). Contoh dari ini adalah keluar cairan dari payudara, perdarahan abnormal dari vagina pada kanker serviks.

T: Thickening or lump in the breast, testicles, or elsewhere (penebalan atau massa pada payudara, buah zakar, atau bagian lain).

I: Indigestion or difficulty swallowing (gangguan mencerna atau kesulitan menelan). Hal ini mungkin merupakan tanda kanker esofagus, lambung, atau faring (kerongkongan).

O: Obvious change in the size, color, shape, or thickness of a wart or mole (perubahan yang nyata dalam ukuran, warna, bentuk, atau ketebalan kutil atau tahi lalat).

N: Nagging cough or hoarseness (batuk lama atau suara serak). Batuk lama mungkin merupakan tanda kanker paru dan suara serak mungkin merupakan tanda kanker laring (kotak suara) atau tiroid.

Kanker dapat menyebabkan serangkaian tanda dan gejala terutama jika telah berukuran cukup besar. Jika terdapat tanda dan gejala yang berlangsung menetap atau dirasakan mengganggu, segera berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebabnya. Jika kanker terdeteksi lebih dini, maka pengobatannya akan lebih optimal sehingga harapan hidupnya akan lebih baik.

Referensi:

1. American Cancer Society. Signs and symptoms of cancer [Interne]. 2014 Aug 11 [cited 2020 Feb 14]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/cancer-basics/signs-and-symptoms-of-cancer.html

2. Davis CP. Cancer. MedicineNet [Internet]. 2019 Sept 18 [cited 2020 Feb 14]. Available from: https://www.medicinenet.com/cancer/article.htm