TAHUKAH KAMU? Pemeriksaan deteksi dini yg sebaiknya dilakukan bagi wanita usia produktif

Kesehatan merupakan aset berharga yang harus dijaga, terutama bagi wanita usia produktif. Melakukan pemeriksaan deteksi dini secara teratur menjadi langkah proaktif untuk menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah potensi masalah kesehatan. Sejumlah pemeriksaan deteksi dini penting bagi wanita usia produktif guna menjaga kesehatan reproduksi dan mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin akan timbul.

Pemeriksaan Deteksi Dini yang Sebaiknya Dilakukan:

  1. Deteksi Dini Kanker Payudara

Deteksi dini merupakan hal yang krusial dalam penatalaksanaan kanker payudara secara menyeluruh mengingat dampak kanker payudara pada penderitanya yang bertujuan untuk menurunkan insidensi dan morbiditas kanker payudara di Indonesia.

Deteksi dini kanker payudara dapat berupa pemeriksaan fisik, laboratorium, dan radiologi (seperti mamografi) untuk menemukan abnormalitas yang mengarah pada kanker payudara pada seseorang yang dilakukan oleh dokter dan petugas kesehatan profesional.

       2. Deteksi Dini Kanker Serviks (Leher Rahim)

Kejadian kanker serviks (leher rahim) akan sangat mempengaruhi hidup dari penderitanya dan keluarganya serta juga akan sangat mempengaruhi sektor pembiayaan kesehatan oleh pemerintah. Oleh sebab itu peningkatan upaya penanganan kanker serviks, terutama dalam bidang pencegahan dan deteksi dini sangat diperlukan oleh setiap pihak yang terlibat.

Kanker serviks terus menjadi kanker umum pada wanita di seluruh dunia, terutama di daerah yang kurang berkembang di mana gejala stadium lanjut sering terjadi. Kanker serviks penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita di negara berkembang. Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan dengan inspeksi visual asam asetat (IVA) memberikan cara yang paling efektif untuk skrining kanker serviks.

 

Dari segi biaya tes deteksi dini juga memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka semakin kecil biaya yang dibutuhkan untuk penyembuhannya. Semakin lanjut terdeteksi maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan. Apalagi jika penderitaan yang dialaminya adalah akibat penyakit dan efek samping dari tindakan pengobatan.

Menyadari dan mengikuti jadwal pemeriksaan deteksi dini ini bukan hanya tindakan pencegahan, tetapi juga investasi pada kesehatan jangka panjang. Dengan mendeteksi potensi masalah pada tahap awal, wanita usia produktif dapat menjalani kehidupan yang sehat, produktif, dan bermakna.

Lakukan pemeriksaan secara teratur untuk mendukung kualitas hidup yang optimal! Dengan menjaga kesehatan secara menyeluruh, wanita usia produktif dapat memastikan kehidupan yang sehat, bahagia, dan berdaya tahan.

Referensi:

https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/122

https://kemkes.go.id/id/pnpk-2018—tata-laksana-kanker-payudara

https://kemkes.go.id/id/pnpk-2018—tata-laksana-kanker-serviks

https://consensus.app/papers/deteksi-dini-kanker-serviks-dengan-pemeriksaan-wilayah-kasim/268d432a6aa65aeeae3d2b51c22c99f8/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kanker/kanker-bagaimana-supaya-bisa-terdeteksi-dini