TAHUKAH KAMU? Layanan Home Care di Indonesia Untuk Penyakit Kanker Sudah Tersedia

Layanan home care merupakan jasa layanan kesehatan yang komprehensif di tempat tinggal atau di rumah pasien sendiri. Layanan Home care sendiri tentu melibatkan usaha dalam membantu pasien pada masa penyembuhan penyakit, seperti mendukung pemulihan setelah operasi, memberikan perawatan, serta melakukan pengobatan khusus penyakit, semuanya dilakukan di lingkungan rumah pasien. 

Layanan Home Care ini pernah dilakukan oleh mantan Presiden Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela. Setelah dirawat di fasilitas medis hampir tiga bulan, Nelson Mandela melanjutkan waktu pengobatannya di rumah. 

Di Indonesia saat ini juga telah memiliki layanan kesehatan home care untuk penderita  kanker. Tim medis akan bekerjasama dengan keluarga pasien untuk merencanakan dan memberikan perawatan yang sesuai. Layanan home care ini juga melibatkan berbagai hal, seperti memberikan obat, merawat luka, memberikan infus, melakukan terapi fisik dan okupasi, juga memberikan perawatan medis yang kompleks serta bantuan dalam kegiatan sehari-hari seperti mandi, berpakaian, dan makan. 

Tujuan utama home care adalah meningkatkan kualitas hidup pasien, mengurangi risiko infeksi yang terkait dengan perawatan di rumah sakit, mencegah rawat inap yang tidak perlu, serta membantu pasien mencapai pemulihan optimal tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah mereka.

Sebelum menggunakan layanan tentu penting untuk merancang kebijakan perawatan yang baik selama home care dilakukan. Hal tersebut bisa mencakup langkah-langkah seperti mencatat dengan baik setiap pemeriksaan, percakapan, dan perawatan yang diberikan kepada pasien. Dokumentasi yang lengkap akan membantu melindungi praktisi medis dan pasien. Selain itu, pengawasan yang terus-menerus dan perhatian terhadap kualitas perawatan menjadi kunci untuk memastikan bahwa standar medis dipatuhi dengan baik. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, kita dapat meningkatkan keamanan hukum dalam memberikan perawatan di lingkungan rumah dengan bahasa yang mudah dimengerti.

 

Referensi: