TAHUKAH KAMU? Komunitas Kanker di Indonesia apa saja

Ada banyak komunitas kanker di Indonesia yang siap memberikan dukungan dan sumber informasi untuk melawan penyakit kanker. Dengan bergabung dalam komunitas ini, kamu bisa mendapatkan informasi penting tentang kanker serta dukungan emosional yang sangat berarti, juga bisa ikut berperan dalam menghasilkan perubahan sosial yang positif. Berikut komunitas kanker di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

  1. Indonesia Cancer Care Community (ICCC), telah berdiri pada tanggal 27 Februari 2010. Komunitas ini berdiri dari kepedulian para Warrior, Survivor, dan Caregiver Kanker. ICCC memiliki sifat sosial dan tidak mencari keuntungan serta terbuka bagi semua kalangan masyarakat yang peduli dengan kanker.
  2. Yayasan Kanker Indonesia (YKI), merupakan lembaga non-profit yang berfokus pada aspek sosial dan kemanusiaan dalam bidang kesehatan, terutama dalam usaha melawan kanker. YKI bertujuan untuk mengurangi dampak kanker dengan mengadakan kegiatan yang mendorong pencegahan, promosi, dan dukungan dalam penanganan kanker.
  3. Cancer Information and Support Center (CISC), berdiri di Jakarta sejak tahun 2003. CISC memiliki tujuan untuk memberi dukungan serta layanan informasi pada masyarakat kanker awam menuju Indonesia peduli kanker.
  4. Lovely Pink Indonesia, Organisasi nirlaba berbasis komunitas warriors dan survivors kanker payudara yang memusatkan perhatiannya pada pendekatan penyuluhan untuk deteksi dini kanker payudara melalui SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara oleh Tenaga Medis), serta memberikan dukungan bagi perempuan yang mengalami kanker payudara.
  5. Lovely Pink Solo (LPS), merupakan komunitas survivor kanker payudara di Jawa Tengah yang terbentuk pada tahun 2016. Pada awalnya LPS hanya forum untuk membahas kanker payudara namun seiring berjalannya waktu komunitas LPS telah mengembangkan komunitas menjadi program untuk deteksi dini kanker dan memberikan pendampingan bagi pasien kanker.
  6. Bali Pink Ribbon, atau Yayasan Pita Merah Muda dibentuk oleh pejuang kanker payudara Gaye Warren yang berasal dari Inggris. Ia ingin memberikan pengalamannya melawan kanker payudara dan ingin meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara.
  7. Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), adalah organisasi nirlaba mitra pemerintah untuk menggalakan kegiatan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Indonesia.
  8. Knitted Knockers Indonesia, merupakan komunitas sukarelawan Perajut Payudara Artifisial di Indonesia. Mereka berperan aktif untuk membantu para perempuan di Indonesia untuk melawan kanker payudara.
  9. Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, didirikan pada tahun 2007 organisasi ini berfokus pada anak anak yang mengidap kanker.
  10. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, didirikan pada tahun 2006 oleh orang tua anak penderita kanker.
  11. Pita Tosca, yaitu yayasan yang memberikan edukasi dan pendampingan bagi pejuang tiroid dan caregivers.
  12. Sahabat Anak Kanker, memiliki tujuan utama agar anak anak dapat bermain dan beraktivitas selama menjalani kemoterapi. Komunitas ini memberikan dukungan dan pendampingan untuk pasien dan keluarganya.
  13. Komunitas Taufan, didirikan pada tahun 2013 oleh seorang ibu rumah tangga. Tujuan didirikannya komunitas ini agar seorang anak mendapatkan hiburan dan seorang ibu mendapatkan edukasi kanker.