TAHUKAH KAMU? Deteksi Dini Kanker Paru Bisa Dilakukan di Indonesia

Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018 menunjukkan prevalensi penyakit pneumonia, tuberkulosis (TB) paru, dan kanker paru di Indonesia masing-masing sebesar 4,0%, 0,4%, dan 0,18%. Mengutip data dari laman Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia, jumlah dokter yang tergabung dalam asosiasi tersebut hingga tahun 2008 berjumlah 452 orang. Jumlah tersebut tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kasus penyakit paru yang terus meningkat di Indonesia. 

Di tengah kondisi ini, upaya untuk mendeteksi kanker paru pada tahap awal telah menjadi prioritas utama dalam usaha mencegah serta mengobati penyakit ini. Walaupun masih menjadi tantangan yang signifikan, berbagai langkah telah diambil untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dalam menangani kanker paru di Indonesia.

Saat ini di Indonesia, telah hadir sebuah tes pemeriksaan biomarker kanker yang sangat sensitif di Indonesia.Tes LUNGClear ini sangat berguna untuk mendeteksi risiko kanker paru-paru lebih awal dengan tingkat akurasi sekitar 81%. 

Tes LUNGClear ini dirancang untuk orang dewasa berusia 40 tahun ke atas dan memiliki potensi risiko terkena kanker paru-paru. Hasil dari tes skrining LUNGClear akan diberikan dalam bentuk angka yang menunjukkan tingkat risiko. Penting untuk dicatat bahwa hasil tes ini harus diinterpretasikan oleh dokter yang berpengalaman, dan harus dipertimbangkan bersama dengan hasil pemeriksaan lainnya yang relevan, baik secara klinis maupun laboratorium. 

Sebelum menjalani pemeriksaan LUNGClear, tidak ada persyaratan usia spesifik, namun direkomendasikan untuk orang dewasa khususnya mereka yang berusia di atas 40 tahun. Pemeriksaan ini juga tidak dianjurkan untuk individu yang sedang menderita atau pernah mengidap kanker sebelumnya. Tidak diperlukan puasa sebelum menjalani pemeriksaan ini. Namun, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berbau asap minimal 2 (dua) jam sebelum menjalani tindakan pemeriksaan.

 

Referensi:

  1. Santoso, M., Disrinama, A., & Amrullah, H. (2020). An application of ANFIS for Lung Diseases Early Detection System. , 5, 29-36. https://doi.org/10.22219/kinetik.v5i1.996
  2. https://oneonco.co.id/lungclear