Pijat Payudara Bisa Cegah Kanker Payudara, Benarkah?

Pernahkah Anda mencoba pijat payudara sendiri? Teknik yang terkesan simpel ini sering direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala, khususnya oleh wanita di segala usia.

Pada dasarnya, pijat payudara bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat yang dimaksud, yaitu mencegah payudara kendur, melancarkan kerja sistem limfatik, serta dapat melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Lebih dari itu, ada pula kabar yang menyebut bahwa pijat payudara cukup efektif untuk mencegah kanker payudara. Apakah hal ini terbukti secara medis? Yuk, cari tahu faktanya!

Benarkah Pijat Payudara Bisa Cegah Kanker?

Manfaat memijat payudara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini bukanlah isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dimuat dalam The National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Penelitian tersebut menyatakan bahwa pijat payudara secara mandiri membuat 25 persen wanita yang menjadi partisipan studi bisa mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Tidak hanya itu, penelitian yang sama juga menyebut bahwa 18 persen wanita lainnya yang menjadi partisipan studi mampu mendeteksi kanker payudara secara tidak sengaja.

Berangkat dari temuan tersebut, setiap wanita dianjurkan untuk melakukan pijat payudara secara berkala.Apabila menemukan benjolan yang mencurigakan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini penting sebagai langkah awal mencegah kanker payudara.

Cara Memijat Payudara Agar Terhindar dari Kanker

Penting untuk diingat bahwa payudara memanjang hingga di bawah ketiak. Oleh karena itu, untuk hasil yang optimal, Anda perlu memeriksa seluruh bagian payudara, termasuk puting, areola, dan area yang memanjang tersebut.Berikut ini cara memijat payudara agar terhindar dari kanker payudara:

Langkah Pertama

Berdirilah di depan cermin dan lakukan pemeriksaan visual pada payudara Anda. Cari perbedaan maupun perubahan ukuran, warna, dan bentuk.Letakan tangan Anda di samping tubuh, pinggul, dan di atas kepala untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Langkah Kedua

Sambil tetap bercermin, letakkan satu tangan di belakang kepala. Ikuti dengan meletakkan tiga jari di payudara Anda.Setelah itu, gerakkan jari-jari Anda dalam lingkaran kecil secara memutar di atas jaringan payudara.Berikan tekanan ringan, sedang, dan keras saat Anda menggerakkan jari untuk menutupi semua area.

Langkah Ketiga

Gerakkan jari-jari ke area di bawah ketiak. Lanjutkan dengan melakukan gerakan membentuk lingkaran kecil saat Anda menggerakkan jari-jari tersebut.

Langkah Keempat

Ulangi pijatan dengan pola yang serupa pada payudara satunya. Pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan teliti, agar jika terdapat benjolan tidak terlewatkan begitu saja.

Langkah Kelima

Selesaikan pijatan Anda dengan meremas setiap puting untuk mengetahui ada/tidaknya cairan yang keluar atau rasa sakit. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk menegakkan diagnosis.Jangan ragu untuk pijat payudara sendiri secara berkala. Selain bisa mengundang banyak manfaat sehat, teknik sederhana tersebut juga bisa menjadi langkah awal untuk mencegah kanker payudara.