Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang, penyakit tumor dan kanker sering dianggap sebagai penyakit yang sama. Faktanya, tumor dan kanker adalah dua penyakit yang berbeda. Agar tidak keliru dan lebih waspada terhadap kedua penyakit ini, Anda perlu mengetahui perbedaan dari keduanya. Artikel ini akan membahas perbedaan kedua penyakit berbahaya ini, simak informasi selengkapnya seputar perbedaan tumor dan kanker di bawah ini. 

Melansir dari situs National Cancer Institute, berikut perbedaan tumor dan kanker yang perlu Anda ketahui. 

Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor adalah pembentukkan massa jaringan abnormal yang terbentuk ketika sel tumbuh dan membelah lebih dari yang seharusnya atau tidak mati saat seharusnya. Ada dua jenis tumor yaitu tumor jinak (bukan kanker) dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak dapat bertumbuh besar tetapi tidak menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya atau ke bagian tubuh lainnya. Sedangkan tumor ganas atau kanker dapat menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya. Tumor ganas juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui darah dan sistem getah bening.

Bagaimana Kanker Bermula

Sel adalah unit dasar yang membentuk tubuh manusia. Sel tumbuh dan membelah untuk membuat sel baru sesuai dengan kebutuhan dari tubuh. Biasanya, sel akan mati ketika terlalu tua atau rusak. Kemudian, sel-sel baru akan menggantikan sel yang mati dan rusak tersebut. 

Melansir dari situs Cancer.Net, kanker bermula dari terganggunya proses pertumbuhan dan pergantian sel yang teratur akibat perubahan genetik. Sehingga, sel mulai tumbuh tak terkendali. Sel-sel ini dapat membentuk massa yang disebut tumor. Tumor bisa bersifat jinak atau ganas (kanker). Tumor ganas dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sedangkan, tumor jinak hanya dapat tumbuh membesar tetapi tidak akan menyebar.

Beberapa jenis kanker tidak membentuk sebuah tumor, seperti jenis kanker leukemia, sebagian besar jenis limfoma dan myeloma.

Jenis- jenis umum Kanker

Kanker dibagi ke dalam jenis berdasarkan dimana kanker tersebut bermula. Empat jenis utama dari kanker adalah:

1. Karsinoma

Karsinoma adalah kanker yang dimulai dari bagian kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ dalam.

2. Sarkoma

Sarkoma adalah kanker yang dimulai pada bagian tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau jaringan pendukung lainnya.

3. Leukemia

Leukemia adalah kanker yang dimulai dari jaringan pembentuk darah, seperti sumsum tulang. Leukemia menyebabkan terlalu banyak sel darah abnormal yang dibuat dari jaringan pembentuk darah. 

4. Limfoma dan multiple myeloma

Limfoma dan multiple myeloma dalah kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh. 

5. Kanker sistem pusat saraf

Kanker sistem pusat saraf adalalah kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang. 

Demikian perbedaan tumor dan kanker yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasakan gejala awal dari tumor jinak atau bahkan kanker, segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat ditangani sejak dini. Sebab, jika ternyata Anda mengidap tumor ganas, penyebarannya akan sulit untuk dikendalikan dan dapat menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya. Untuk itu, penting juga bagi Anda untuk melakukan langkah preventif seperti melakukan tes kanker secara rutin untuk mengetahui seberapa besar risiko kanker yang Anda miliki.

Anda dapat mengandalkan layanan tes kanker dari OneOnco yang menyediakan berbagai tes untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker kolorektal, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker serviks. Selain itu, Anda bisa memilih melakukan deteksi kanker di rumah sakit rekanan OneOnco terdekat dari tempat tinggal Anda. Pesan layanan deteksi kanker dari rumah sakit rekanan OneOnco di sini

Referensi

Cancer.Net. What is Cancer?

National Cancer Institute. Definition of tumor – NCI Dictionary of Cancer Terms

National Cancer Institute. Definition of cancer – NCI Dictionary of Cancer Terms

National Cancer Institute. What Is Cancer? – NCI