Pentingnya Vaksin Hepatitis B untuk Kanker Hati

Adanya infeksi virus hepatitis dapat dikaitkan dengan cikal-bakal terjadinya kanker hati. Oleh karenanya, pemberian vaksin hepatitis menjadi penting untuk mencegah organ hati terinfeksi virus hepatitis B. Terdapat sejumlah faktor terkait dengan pentingnya vaksin hepatitis B untuk kanker hati. Apa saja? Mari simak uraian berikut ini.

Pencegahan Infeksi Virus Hepatitis B

Infeksi virus hepatitis dapat menyebabkan hati mengalami peradangan akut hingga infeksi kronik. Peradangan tersebut dapat dikaitkan dengan terjadinya kanker hati jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karenanya, upaya pencegahan infeksi virus hepatitis B sangat penting melalui pemberian vaksin. Vaksin hepatitis B dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi untuk mencegah virus hepatitis menginfeksi hati.

Menurunkan Tingkat Penularan Virus Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B dapat terjadi melalui darah, juga cairan atau lendir yang berasal dari dalam tubuh. Penularan tersebut dapat terjadi karena beberapa sebab, seperti penggunaan jarum suntik dan pisau cukur yang sama secara bergantian, kontak langsung dengan luka atau darah yang berasal dari pengidap penyakit hepatitis B, hubungan seks, hingga pengendalian infeksi yang buruk pada fasilitas kesehatan masyarakat. Bahkan, penularan virus hepatitis B dapat terjadi pada anak yang lahir dari pengidap infeksi virus hepatitis.

Mengingat begitu banyaknya penyebab penularan virus hepatitis B, maka pemberian vaksin hepatitis B menjadi penting. Hal ini karena vaksin hepatitis B tak hanya memberikan perlindungan secara individual, namun juga dapat meningkatkan kekebalan kelompok sehingga dapat menurunkan tingkat penularan virus hepatitis.

Pencegahan Kanker Hati

Peradangan kronik akibat infeksi virus hepatitis dapat dikaitkan dengan adanya kerusakan pada organ hati, sampai dengan kanker hati. Mengingat gejala kanker hati cenderung baru dirasakan setelah perkembangan sel kanker mencapai stadium lanjut, maka peluang pemulihan dari kanker ini menjadi rendah. Karenanya, pemberian vaksin hepatitis menjadi strategi utama untuk menghindari risiko kanker hati.

Referensi

World Health Organization. Hepatitis B. [Internet] [cited 2023 October 31st]. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hepatitis-b