Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Yang Cukup Bagi Penderita Kanker

Kanker adalah penyakit serius yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan bahkan nyawa seseorang. Maka dari itu, nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh penderita kanker. Bahkan, data dari sebuah studi yang dipublikasikan oleh PubMed Central pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kualitas diet yang lebih tinggi versus lebih rendah memiliki korelasi terhadap penurunan 23% mortalitas keseluruhan pada penderita kanker payudara[1]

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengapa nutrisi sangat penting bagi penderita kanker, jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan, serta kebutuhan kalori dan kebutuhan masing-masing jenis nutrisi. Simak dan catat baik – baik penjabarannya berikut ini!

Mengapa Nutrisi Sangat Penting bagi Penderita Kanker?

Menurut informasi yang dilansir dari National Cancer Institute, malnutrisi dapat menyebabkan pasien kanker menjadi lemah, lelah, dan tidak mampu melawan infeksi atau menyelesaikan pengobatan kanker[2]. Akibatnya, malnutrisi dapat menurunkan kualitas hidup penderita dan mengancam jiwa. Kondisi ini dapat menjadi lebih buruk jika kanker tumbuh atau menyebar.

Penderita kanker biasanya mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan berat badan, hal ini dapat menyebabkan nutrisi yang tidak mencukupi dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan efek samping dari pengobatan kanker. Oleh karena itu, nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting bagi penderita kanker untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan dukungan pada sistem kekebalan tubuh terutama terhadap efek samping  .

Jenis-Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan Penderita Kanker

Berikut adalah jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan penderita kanker:

1. Protein

Protein sangat penting bagi penderita kanker karena dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan membangun sel-sel baru dalam tubuh. Penderita kanker juga membutuhkan lebih banyak protein untuk mempertahankan massa otot dan membantu mengurangi kehilangan berat badan. Sumber protein yang baik untuk penderita kanker antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan kedelai.

2. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Penderita kanker membutuhkan karbohidrat untuk mempertahankan energi dan mengurangi kelelahan. Namun, karbohidrat yang diproses seperti roti putih dan pasta sebaiknya dihindari. Sebaiknya penderita kanker memilih karbohidrat yang berasal dari sumber alami seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Serat

Serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus. Penderita kanker sebaiknya memilih sumber serat yang berasal dari buah atau sayuran. Serat juga dapat membantu mengurangi gejala seperti sembelit dan diare yang mungkin dialami oleh penderita kanker selama menjalani terapi.

Namun, penderita kanker harus berhati-hati dalam memilih sumber serat yang dikonsumsi. Beberapa jenis serat seperti serat kasar dalam sayuran mentah dan biji-bijian tertentu dapat sulit dicerna dan dapat memperburuk gejala seperti diare dan sakit perut. Penderita kanker sebaiknya memilih sumber serat yang lebih mudah dicerna seperti buah-buahan yang dihaluskan atau sayuran yang direbus hingga lunak.

4. Cairan

Kehilangan cairan dapat terjadi pada penderita kanker, terutama jika mengalami mual, muntah, atau diare. Penting untuk menjaga asupan cairan yang cukup bagi seorang pasien kanker untuk mencegah dehidrasi. Penderita kanker sebaiknya memperbanyak minum air putih atau jus buah-buahan segar.

Kebutuhan Nutrisi Bagi Pasien Kanker

Pada dasarnya, kebutuhan kalori dan protein setiap individu akan berbeda-beda. Menurut Stanford Medicine Cancer Center, perkiraan kasar kebutuhan kalori diestimasikan sekitar 25 sampai 35 kalori untuk setiap 1 kilogram berat badan. Protein harian yang direkomendasikan untuk adalah 45 hingga 60 gram per hari. Akan tetapi, sebaiknya anda tetap mendiskusikan kebutuhan kalori, protein dan nutrisi individu Anda dengan dokter atau ahli diet[4]

Pada beberapa jenis kanker, proses metabolisme dapat menyebabkan situasi yang dikenal sebagai hipermetabolisme yang memengaruhi cara tubuh menggunakan protein, lemak, dan karbohidrat. Dengan hipermetabolisme, Anda mungkin perlu meningkatkan asupan kalori dan protein. Diskusikan hal ini dengan dokter atau ahli diet Anda.

Dari paparan di atas, dapat kita ketahui bahwa nutrisi sangat penting bagi penderita kanker. Kebutuhan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan kondisi pasien, menunjang proses pengobatan, dan memperbaiki kualitas hidup pasien. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien kanker dan keluarga untuk memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi.

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah hadir fitur belanja sehat di website One Onco, yang mempermudah pasien kanker dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Dalam fitur belanja sehat tersebut, tersedia berbagai produk nutrisi yang telah teruji dan dipilih oleh tim medis yang ahli di bidang onkologi.

Tak hanya itu, One Onco juga menawarkan layanan konsultasi nutrisi untuk pasien kanker yang membutuhkan. Pasien dapat berkonsultasi perihal nutrisi dokter spesialis onkologi untuk mendapatkan rekomendasi nutrisi yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Anda hanya perlu kunjungi website One Onco untuk dapat memanfaatkan fitur belanja sehat, disana kamu bisa membeli berbagai kebutuhan khusus untuk pasien kanker terutama nutrisi, seperti misalnya Nutrican yang merupakan nutrisi khusus bagi pasien kanker sebelum, selama dan sesudah menjalani kemoterapi disini serta layanan konsultasi nutrisi yang tersedia. Mari bersama-sama meningkatkan kualitas hidup pasien kanker melalui pola makan yang sehat dan nutrisi yang tepat

Referensi 

[1] Castro-Espin C, Agudo A. The Role of Diet in Prognosis among Cancer Survivors: A Systematic Review and Meta-Analysis of Dietary Patterns and Diet Interventions. Nutrients. 2022 Jan 14;14(2):348. doi: 10.3390/nu14020348. PMID: 35057525; PMCID: PMC8779048.

[2] Nutrition in Cancer Care (PDQ®)–Patient Version. (2022, December 9). National Cancer Institute. Retrieved March 16, 2023, from https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/side-effects/appetite-loss/nutrition-pdq

[3]Benefits of Good Nutrition During Cancer Treatment. (n.d.). American Cancer Society. Retrieved March 16, 2023, from https://www.cancer.org/treatment/survivorship-during-and-after-treatment/coping/nutrition/benefits.html 

[4]High Calorie Snacks as Part of a Cancer Diet. (n.d.). Stanford Health Care. Retrieved March 16, 2023, from https://stanfordhealthcare.org/medical-clinics/cancer-nutrition-services/during-cancer-treatment/high-calorie-snacks.html