Pentingnya Mengatur Asupan Gizi Pejuang Kanker

Pemenuhan nutrisi dan menjalani pola hidup sehat wajib dilakukan oleh para pasien kanker dengan tujuan untuk menjaga berat badan ideal dan memenuhi kebutuhan energi selama tahap penyembuhan dan pemulihan. Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh pasien kanker? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Jenis Nutrisi yang Baik untuk Pejuang Kanker

Ada beberapa jenis nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan nutrisinya antara lain:

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu jenis makro nutrisi yang merupakan sumber utama energi yang diperlukan tubuh selama pengobatan. Makanan sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi antara lain gandum utuh, beras merah, roti, produk sereal, kacang polong dan kacang kering.

2. Protein

Protein mengandung asam amino yang berguna untuk pertumbuhan, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh dan perbaikan jaringan tubuh pasien kanker. Protein juga membantu membuat hormon, sel dan enzim dalam tubuh. Beberapa makanan mengandung protein yang bisa dikonsumsi pasien kanker antara lain, ikan, susu, daging tanpa lemak, dan yogurt.

3. Lemak

Tingkatkan asupan lemak tak jenuh yang dapat diperoleh dari aneka jenis ikan, kacang-kacangan,  biji-bijian, minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak. Omega 3 adalah salah satu lemak tak jenuh yang mempunyai banyak manfaat dan dapat mengurangi proses inflamasi/peradangan.

4. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa kimia tubuh yang penting karena membantu tubuh menciptakan energi dari lemak, protein dan karbohidrat. Vitamin juga dibutuhkan untuk menjaga sistem imun tubuh, menjaga kekuatan tulang, kulit, kuku, dan rambut serta memperbaiki jaringan tubuh.

Pejuang kanker bisa mendapatkan sumber utama vitamin dari konsumsi makanan sehari hari seperti buah dan sayur. Oleh karena itu, penting sekali pejuang kanker untuk memperhatikan sumber asupan yang tepat agar pemulihan semakin cepat saat selesai pengobatan.

5. Mineral

Mineral penting dalam membantu metabolisme karbohidrat dan lemak agar menjadi energi. Selain itu, mineral bersama vitamin juga berguna untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Pasien kanker bisa mendapati sumber mineral dari sayuran berwarna hijau, buah (alpukat), kacang-kacangan, telur dan makanan laut (kerang, ikan).

6. Air

Air adalah salah satu komponen penting dalam tubuh, karena mengatur suhu tubuh, membantu mengeluarkan kotoran dan menyalurkan nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan. Jadi, air adalah pilihan terbaik untuk mempertahankan jumlah cairan yang memadai di dalam tubuh.

Jika pasien kanker tidak mendapatkan cairan yang cukup selama pengobatan, maka akan mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting pejuang kanker untuk mencukupi kebutuhan air minum. Jangan lupa tanyakan kepada dokter untuk mengetahui berapa banyak cairan yang boleh diminum untuk mencegah dehidrasi.

 

Itu dia penjelasan mengenai pentingnya mengatur nilai gizi pada makanan pasien kanker. Semoga Anda khususnya pasien kanker dapat memenuhi gizi di atas agar bisa cepat pulih setelah selesai kemoterapi atau pengobatan lainnya.

 

Jika Anda ingin mencari artikel seputar kanker lainnya bisa cek di website One Onco. Jangan lupa juga untuk cek deteksi dini kanker di sini.

 

Sumber:

National Cancer Institute. Nutrition in cancer care (pdq®) – patient version [Internet]. 2024 [cited 2024 28 June 2024]. Available from: https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/side-effects/appetite-loss/nutrition-pdq#:~:text=Nutrition%20goals%20during%20cancer%20therapy,infection%2C%20and%20having%20enough%20energy.

American Cancer Society’s Healthy Eating Cookbook: A Celebration of Food, Friends, and Healthy Living. 3rd ed. Atlanta, GA: The American Cancer Society, 2005.

Bloch A, Cassileth BR, Holmes MD, Thomson CA, eds.: Eating Well, Staying Well During and After Cancer. Atlanta, GA: American Cancer Society, 2004.

Ghosh K, Carson L, and Cohen E: Betty Crocker’s Living with Cancer Cookbook: Easy Recipes and Tips Through Treatment and Beyond. New York, NY: Hungry Minds, 2002.

Weihofen DL, Robbins J, Sullivan PA: Easy-to-Swallow, Easy-to-Chew Cookbook: Over 150 Tasty and Nutritious Recipes for People Who Have Difficulty Swallowing. New York, NY: John Wiley & Sons, Inc., 2002.

Wilson JR: I-Can’t-Chew Cookbook: Delicious Soft Diet Recipes for People with Chewing, Swallowing, or Dry Mouth Disorders. Alameda, Calif: Hunter House Inc., 2003.