Pengunaan Wig bagi Pejuang Kanker (Efek Psikologis & Tipsnya)

Wig atau rambut palsu dapat membantu pejuang kanker merasa dan terlihat seperti orang pada umumnya. Meskipun hanya digunakan dalam beberapa jam, mereka merasakan sedikit kemiripan dengan keadaan normal. Mari kita pelajari bagaimana penggunaan wig dapat mempengaruhi psikologis serta beberapa tips untuk pejuang kanker. 

Dampak Psikologis Kehilangan Rambut

Rambut rontok adalah efek samping kemoterapi yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Rambut adalah bagian penting dari identitas dan bisa menandakan kesehatan seseorang.

 Kehilang rambut dapat mengurangi rasa percaya diri. dampak psikologis dari kanker bisa sebesar dampak fisiknya. Mengatasi aspek emosional ini penting untuk perawatan kanker yang menyeluruh. 

Tips Wig untuk Pejuang Kanker

Untuk memaksimalkan kenyamanan dan penampilan alami, berikut adalah beberapa tips wig yang dapat diterapkan oleh pejuang kanker. 

  • Bersiaplah untuk rambut rontok

Rambut biasanya mulai rontok sekitar satu hingga tiga minggu setelah kemoterapi dimulai. Kulit juga bisa menjadi lembut dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Gunakan gunting elektrik untuk mencukur dan sisakan beberapa inci. 

  • Tempat membeli wig

Mintalah rekomendasi dari tim onkologi atau kelompok pendukung kanker. Cobalah wig langsung dengan bantuan penata rambut untuk pengalaman terbaik. Mereka akan menyesuaikan wig agar terlihat lebih alami dengan garis rambut Anda.

  • Lebih baik wig sintetis atau rambut manusia

Wig terbuat dari serat sintetis, rambut manusia atau kombinasi keduanya. Wig sintetis tahan hingga lima bulan jika sering digunakan dan harus sering dicuci. Wig yang terbuat dari rambut manusia lebih berat namun umurnya mencapai satu tahun.

  • Jenis rambut palsu

Wig dibuat dengan dua cara yaitu dengan mesin dan diikat dengan tangan. Wig yang dibuat dari mesin dapat menimbulkan gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala yang sensitif. 

Wig yang diikat dengan tangan lebih nyaman dipakai karna memiliki penutup jaring yang lembut dan fleksibel. 

  • Cara memakai dan merawatnya

Wig harus dicuci setelah 14 hingga 18 kali pemakaian, cuci wig dan campurkan air dingin dan sampo, biarkan meresap dan bilas dengan air dingin lalu keringkan. 

Dalam menghadapi perjalanan kanker yang penuh tantangan, penggunaan wig dapat memberikan dampak psikologis yang positif bagi pejuang kanker. Dengan memperhatikan tips diatas, diharapkan pengalaman menggunakan wig bisa lebih nyaman dan mendukung dalam proses penyembuhan. 

 

Referensi:

  1. Santanachote, Perry. 7 tips on wigs for chemotherapy patients. (2022) [Internet] The Washington Post. [cited 28 Mar 2024]. Available at: https://www.washingtonpost.com/health/2022/06/13/cancer-hair-loss-wigs-tips/ 
  2. Gorgeous Hair. Can Cancer Wigs Help Patients Regain Their Lost Sense Of Self-worth. [Internet]. (2024). [cited 28 Mar 2024]. Available at: https://www.thegorgeoushair.com/blogs/wigs-and-toppers/can-cancer-wigs-help-patients-regain-their-lost-sense-of-self-worth