Apa Itu Lumpektomi? Ketahui Prosedur, Manfaat, Serta Efek Sampingnya

Operasi lumpektomi merupakan salah satu metode pengobatan untuk pasien kanker payudara. Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat tumor dan jaringan kanker yang tumbuh di sekitar payudara.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan lumpektomi jika biopsi menunjukkan bahwa Anda menderita kanker pada stadium awal. Selain untuk mengobati kanker payudara, lumpektomi juga dapat digunakan untuk menghilangkan kelainan payudara non-kanker atau pra-kanker.

Jadi, apa itu lumpektomi dan apa yang diharapkan pasien kanker payudara dari prosedur dan pemulihannya? Pada artikel berikut, kami akan membahas lebih dalam tentang lumpektomi beserta prosedur, manfaat, dan efek sampingnya.

Apa yang Dimaksud dengan Lumpektomi?

Lumpektomi atau yang juga dikenal dengan istilah mastektomi parsial adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan tumor dan sel kanker pada jaringan payudara.

Berbeda dari mastektomi, lumpektomi hanya mengangkat jaringan abnormal beserta jaringan normal di sekitarnya. Karena hanya mengangkat sebagian jaringan payudara, prosedur bedah ini dapat mempertahankan penampilan alami payudara.

Meski demikian, tidak semua pasien kanker payudara dapat menjalani operasi lumpektomi. Metode ini hanya efektif dilakukan kepada pasien stadium awal saat sel kanker belum menyebar dan tumor masih berukuran kecil. Prosedur ini juga umumnya dikombinasikan dengan metode radioterapi untuk meminimalisir risiko kanker datang kembali. 

Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi pasien untuk menjalani prosedur lumpektomi:

  • Hanya terdapat satu area kanker di payudara atau beberapa area yang berdekatan
  • Tumor berukuran kurang dari 5 cm atau berukuran lebih kecil dari payudara
  • Tidak memiliki faktor genetik atau mutasi gen BRCA1 dan BRCA2
  • Belum pernah melakukan pengobatan payudara dengan terapi radiasi atau lumpektomi.
  • Tidak hamil karena terapi radiasi tidak dapat dilakukan dalam kondisi mengandung
  • Tidak memiliki penyakit jaringan ikat yang serius, seperti skleroderma atau lupus

Penting bagi pasien untuk memenuhi kriteria guna menjamin kesuksesan dan meminimalisir risiko. Tidak perlu khawatir, bagi pasien yang tidak memenuhi kriteria masih ada beberapa alternatif lain yang dapat dilakukan seperti terapi target, terapi hormon, kemoterapi, dll.

Baca juga: 4 Tindakan Bedah untuk Penanganan Kanker Payudara

Prosedur Pembedahan Lumpektomi

dokter melakukan operasi - apa itu lumpektomi?

Prosedur pembedahan lumpektomi dimulai dengan menentukan area payudara yang mengalami kelainan. Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes untuk memastikan hal ini. Beberapa diantaranya adalah melalui mammogram yang ditunjang oleh hasil biopsi.

Dokter juga akan melakukan wawancara medis secara menyeluruh. Pasien wajib memberitahukan dokter semua obat-obatan, vitamin, dan suplemen yang sedang dikonsumsi agar dokter dapat menentukan pengobatan apa saja yang perlu dihentikan.

Prosedur Selama Operasi

Pembedahan lumpektomi umumnya berlangsung hingga 1 jam lamanya dan diawali dengan pemberian anestesi. Pasien dapat memilih untuk menerima bius total atau bius lokal. Pemberian jenis anestesi dapat Anda konsultasikan kepada dokter.

Selanjutnya, dokter akan membuat sayatan pada area tempat tumor dideteksi. Kemudian pengangkatan tumor beserta jaringan yang terinfeksi disekitarnya akan dilakukan. Dalam proses ini, dokter akan mempertahankan semaksimal mungkin bentuk payudara alami.

Dokter juga akan menggunakan tabung karet atau drain yang dimasukkan ke dalam payudara untuk menyedot cairan yang menumpuk di sekitar tumor. 

Setelah proses pengangkatan selesai, dokter akan menutup sayatan dengan cara menjahit kembali area yang telah dibedah. Jahitan ini biasanya akan larut dengan sendirinya tanpa perlu dilepas. 

Prosedur Setelah Operasi

Setelah proses operasi selesai, pasien akan dibawa menuju ruang pemulihan. Di sini, dokter atau praktisi medis lainnya akan memantau tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan pasien.

Apabila seluruh kondisi vital pasien telah stabil, maka pasien akan diperbolehkan untuk pulang dan rawat jalan. Namun, jika pasien membutuhkan waktu pemulihan lebih lama maka dokter akan menyarankan rawat inap selama satu atau dua hari hingga kondisi kembali stabil.

Selama masa pemulihan, pasien wajib melakukan perawatan bekas operasi dengan tepat agar terhindar dari infeksi. Jika diperlukan, dokter biasanya juga akan memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik.

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan, seperti:

  • Konsumsi banyak air putih
  • Minum obat dari dokter dengan teratur
  • Istirahat cukup 
  • Rajin mengganti perban dan merawat bekas luka
  • Jaga bagian luka agar tetap kering
  • Gunakan bra khusus hingga luka operasi sembuh

Mengapa Diperlukan Terapi Radiasi Setelah Lumpektomi?

Dokter akan menganjurkan terapi radiasi setelah prosedur lumpektomi guna menghancurkan sel-sel kanker mikroskopis yang masih tersisa. Kombinasi keduanya merupakan metode pengobatan umum bagi para penderita kanker payudara.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi lumpektomi dan terapi radiasi memberikan angka harapan hidup yang lebih besar dan setara dengan pasien yang melakukan mastektomi atau pengangkatan seluruh payudara.

Efek Samping Operasi Lumpektomi

Sama seperti operasi pada umumnya, lumpektomi juga memiliki efek samping yang dapat berkembang selama masa pemulihan, diantaranya termasuk:

  • Perubahan bentuk dan penampilan pada payudara (semakin besar area yang diangkat perubahan akan semakin signifikan)
  • Sensasi kencang seperti tertarik dan nyeri pada payudara
  • Sensasi terbakar dan nyeri syaraf di sekitar ketiak, lengan, dan dada
  • Pembengkakan dan mati rasa pada area payudara
  • Pendarahan dan infeksi

Normal bagi pasien untuk merasakan nyeri atau mati rasa setelah menjalani lumpektomi. Hal ini biasanya berlangsung hingga 3 hari pasca operasi. Dokter biasanya akan menyarankan pemeriksaan kembali setelah 10-14 hari.

Demikian informasi seputar operasi lumpektomi, mulai dari pengertian, prosedur, hingga efek samping yang dapat ditimbulkan. 

Lumpektomi merupakan salah satu dari beberapa metode pengobatan kanker payudara, jika Anda mempertimbangkan prosedur ini konsultasikan dahulu kepada dokter Anda untuk memastikan apakah metode ini merupakan pilihan yang terbaik.

Semoga sehat selalu! Deteksi kanker payudara dini dengan mudah bersama OneOnco di sini! Disamping itu, One Onco juga menyediakan fitur belanja sehat dimana anda bisa membeli berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh pasien kanker seperti Nutrican untuk pemenuhan nutrisi pasien kanker.

References:
Cancer Treatments Center of America – Lumpectomy (breast-conserving surgery)

American Cancer Society – Breast-conserving Surgery (Lumpectomy)

MD Anderson Cancer Center – Lumpectomy: 7 things to know

Mayo Clinic – Lumpectomy