Penderita Kanker Tidak Bisa Sembuh Total, Ini Alasannya

Penyakit kanker adalah penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Data dari Globocan menyatakan, ada lebih dari 396 ribu kasus baru penyakit kanker di Indonesia, dimana mayoritas kasus adalah penyakit kanker payudara, kanker serviks, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker hati. Sedangkan untuk angka kematian akibat penyakit kanker di Indonesia berjumlah 234 ribu jiwa.

Melihat fakta di atas, mungkin Anda akan bertanya, apakah penyakit kanker dapat disembuhkan secara total? Artikel ini akan membahas pertanyaan tersebut. Namun, sebelum menjawabnya, Anda harus memahami tentang penyakit kanker terlebih dahulu. 

Seputar Kanker

Melansir dari situs WebMD, “Kanker” adalah sebuah kata umum untuk lebih dari 200 jenis penyakit kanker, termasuk kanker kandung kemih, otak, payudara, usus besar, mata, ginjal, hati, paru, ovarium, dan kulit. 

Ketika seseorang menderita kanker, sel-sel abnormal berkembang, membelah, dan menghancurkan jaringan sehat di tubuh. Beberapa jenis kanker dapat tumbuh dengan cepat dan beberapa di antaranya lebih lambat. Setiap jenis kanker dimulai di bagian tubuh yang berbeda dan memiliki  tingkatan, tahapan, dan gejala tersendiri. 

Karena setiap jenis kanker berbeda dari segi penanganannya, maka tidak ada satu obat yang pasti dalam penyakit kanker. 

Mengapa Penyakit Kanker Tidak Bisa Sembuh Total?

Ketika menemui dokter dan melakukan pengobatan untuk sebuah penyakit, kata “sembuh” mungkin akan anda dapatkan. Namun dalam kasus penyakit kanker hal ini berbeda. Tidak ada kata sembuh untuk penyakit kanker, kebanyakan dokter akan menyatakan penyakit kanker dalam remisi, yaitu waktu di mana kanker dapat dikendalikan. Walaupun seorang pasien kanker dalam kondisi remisi, kanker bisa saja kembali datang bertahun-tahun kemudian. Hal inilah yang membuat penyakit kanker tidak bisa dibilang sembuh secara total.

Apa itu Remisi Dalam Istilah Penyakit Kanker?

Remisi adalah periode waktu ketika kanker merespons proses pengobatan atau dalam tahapan terkendali. Remisi bukan berarti kanker telah sembuh. Melainkan gejala penyakit kanker telah menghilang. Ada dua jenis dari remisi, yaitu remisi lengkap dan remisi parsial.

  • Remisi Lengkap

Istilah remisi lengkap merujuk kondisi di mana tanda dan gejala kanker menghilang, serta sel kanker tidak dapat ditemukan dengan tes apa pun.

  • Remisi Parsial

Sedangkan dalam remisi parsial, menerangkan kondisi bahwa kanker menyusut tetapi tidak sepenuhnya hilang.

Remisi dapat berlangsung dalam hitungan minggu hingga tahun. Dalam remisi, perawatan atau pengobatan penyakit kanker mungkin tidak akan dilakukan, tergantung dari jenis dari penyakit kanker. Remisi lengkap dapat berlangsung selama bertahun-tahun dan jika kanker kembali atau kambuh, pengobatan penyakit kanker mungkin dapat dilakukan kembali.

Pengobatan Penyakit Kanker

Hingga saat ini, tidak ada obat untuk semua jenis kanker, tetapi ada beberapa pengobatan penyakit kanker yang dapat membantu menekan kanker. Jenis pengobatan penyakit kanker yang umum dilakukan di antaranya adalah:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Radiasi
  • Transplantasi sumsum tulang
  • Imunoterapi
  • Terapi Hormon
  • Terapi obat khusus
  • Uji klinik
  • Perawatan paliatif

Pengobatan penyakit kanker disesuaikan dengan jenis kanker, stadium kanker, serta kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Untuk meringkasnya, penyakit kanker tidak bisa disebut sembuh total. Sebab, kanker adalah penyakit yang unik, terdapat lebih dari 200 jenis kanker dengan penanganan yang berbeda. Seorang yang menderita penyakit kanker bahkan mereka yang telah mencapai remisi lengkap, penyakit kanker masih dapat kembali menyerang mereka. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan deteksi dini penyakit kanker agar terhindar dari penyakit kanker. Anda bisa lakukan deteksi dini penyakit kanker dengan layanan dari OneOnco. OneOnco menyediakan tes skrining kanker di berbagai rumah sakit rekanan agar Anda dapat mengetahui tingkat risiko kanker Anda. Klik di sini untuk dapatkan informasi tes skrining kanker di rumah sakit terdekat dari Anda.

Referensi:

Webmd. Is There a Cure for Cancer?

American Cancer Society. Can Cancer Be Cured?

Indonesia – Global Cancer Observatory