Mitos Fakta Kanker Hati

Menurut data WHO tahun 2020, kanker hati menempati peringkat keempat di dunia. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami fakta dan mitos seputar kanker hati. Untuk memperingati Hari Kanker Sedunia pada tanggal 4 Februari lalu, OneOnco akan membahas fakta dan mitos yang seringkali menjadi perbincangan di masyarakat. 

Berikut 5 fakta dan mitos tentang kanker hati yang perlu kamu ketahui,

  • Mitos anda tidak dapat menghindari kanker hati

Faktanya kanker hati dapat dicegah hingga 70%, Ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari kanker hati, seperti makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan membatasi konsumsi alkohol. Selain itu, vaksin hepatitis B juga bisa membantu, serta melakukan pemeriksaan kesehatan hati dan tes hepatitis secara berkala.

  • Mitos kanker hati disebabkan oleh alkohol 

Faktanya minum alkohol bisa meningkatkan risiko terkena kanker hati, tetapi penyebab utamanya adalah infeksi hepatitis B atau hepatitis C. Selain itu, penyakit hati berlemak non-alkohol juga merupakan penyebab kanker hati yang paling sering terjadi.

  • Mitos tidak ada obat untuk kanker hati

Faktanya ada banyak pengobatan yang tersedia untuk kanker hati. Deteksi dini kanker hati dapat memberikan peluang kesembuhan. 

  • Mitos kanker hati memiliki gejala yang jelas

Faktanya sebagian besar penderita kanker hati gejala awal tidak memiliki gejala atau mungkin gejala ringan. Gejala awal kanker hati yaitu, sakit perut, mual, kelelahan dan penyakit kuning.

  • Mitos gaya hidup tidak ada hubungannya dengan kanker hati 

Namun faktanya gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan ideal, makan buah dan sayur segar yang cukup, rajin berolahraga, kurangi konsumsi alkohol, dan tidak merokok hal tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan hati, tetapi juga untuk kesehatan secara menyeluruh. Gaya hidup sehat ini memiliki efek positif pada kesehatan hati, dan bisa menunda terjadinya sirosis, bahkan pada orang yang memiliki riwayat keluarga terkena sirosis atau kanker hati.

 

Referensi: 

  1. Dr Mangesh Mekha. Common Myths & facts about it [Internet] 2023 [cited 2024 Feb 29]. Available at: https://www.lybrate.com/topic/liver-cancer-common-myths-facts-about-it/f48c65450070de501b56df8d1c7ac162