MammaPrint : Tes Genomik Kanker Payudara Stadium Awal

Profil genomik dari pasien penyakit kanker payudara dapat diketahui dengan melakukan tes genomik. Salah satu pemeriksaan kanker payudara yang dikembangkan untuk memprediksi tingkat kekambuhan pasien penyakit kanker payudara stadium awal dengan menggunakan gen-gen yang terlibat pada proses terjadinya penyakit kanker payudara adalah Mammaprint. Punya pertanyaan lebih lanjut? Silahkan hubungi https://bit.ly/HubungiOneOnco

Apa itu Tes Genomik?

Tes genomik dilakukan dengan menganalisis sampel tumor kanker untuk melihat seberapa aktif gen-gen tertentu. Tingkat aktivitas gen tersebut mempengaruhi perilaku sel kanker, termasuk seberapa besar kemungkinannya untuk tumbuh dan menyebar. Dalam kasus kanker payudara, tes genomik digunakan dalam menganalisis kanker payudara stadium awal, kanker hormon-reseptor-positif, dan kanker payudara HER2-negatif untuk memprediksi risiko kekambuhan dalam 5 hingga 10 tahun setelah diagnosis.

mammaprint test

Apa itu MammaPrint?

MammaPrint merupakan tes genomik yang membantu untuk lebih memahami  penyakit kanker payudara.

  • MammaPrint menganalisis aktivitas gen pada tumor untuk memprediksi perilaku tumor dan pengobatan apa yang mungkin paling efektif. Hasil MammaPrint yang digabungkan dengan tes lainnya dapat memandu keputusan pengobatan apa yang mungkin tepat.
  • MammaPrint menganalisis 70 gen pada tumor dan menentukan seberapa besar risikonya untuk kambuh. MammaPrint akan mengklasifi­kasikan tumor secara genomik sebagai risiko rendah atau risiko tinggi untuk kambuh.

Hasil Pemeriksaan MammaPrint

Hasil MammaPrint yang dielaborasikan dengan faktor klinis dan patologis seperti usia, ukuran tumor, derajat tumor, keterlibatan kelenjar getah bening, reseptor hormon, dan status HER2 dapat membantu pasien dan dokter untuk memutuskan apakah kemoterapi kanker memang bermanfaat atau pasien akan tetap aman meskipun tanpa kemoterapi kanker, sehingga pasien dapat terhindar dari efek samping obat kemoterapi kanker payudara.

MammaPrint memberikan jawaban pasti dengan mengklasifi­kasikan penyakit kanker payudara sebagai “Risiko Rendah” atau “Risiko Tinggi” terhadap kekambuhan.

  • Hasil MammaPrint “Risiko Rendah” artinya pasien memiliki tingkat risiko kekambuhan rendah dan manfaat kemoterapi kanker tidak signifi­kan.
  • Hasil “Risiko Tinggi” artinya pasien memiliki tingkat risiko kekambuhan tinggi dan manfaat kemoterapi kanker sangat signifi­kan.

Siapa yang bisa melakukan pemeriksaan MammaPrint?

Tes MammaPrint mungkin sesuai untuk Anda, jika:

  1. Penyakit kanker berada pada stadium awal (stadium 1, 2 dan 3)
  2. Ukuran tumor kurang dari 5 cm
  3. Tidak menyebar ke kelenjar getah bening atau telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening

[Kriteria ini berdasarkan studi MINDACT]1

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi WhatsApp One Onco : +62 811-1707-0111

Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pasien kanker seperti Nutrican melalui fitur belanja sehat yang disediakan One Onco.

Referensi :

1. Cardoso F, van’t Veer LJ, Bogaerts J et al. 70-Gene Signature as an Aid to Treatment Decisions in Early-Stage Breast Cancer. N Engl J Med 2016; 375: 717-29.

2. Referenced with permission from the NCCN Clinical Practice Guidelines in Oncology (NCCN Guidelines®) for Breast Cancer V.1.2019 © 2019 National Comprehensive Cancer Network, Inc. 2019.

All rights reserved. Accessed [April 29, 2019]. To view the most recent and complete version of the guideline, go to NCCN.org. NCCN makes no warranties of any kind whatsoever regarding their content, use or application and disclaims any responsibility for their application or use in any way.

3. Krop I, Ismaila N, Andre F et al. Use of Biomarkers to Guide Decisions on Adjuvant Syst for Women With Early- Stage Invasive Breast Cancer: American Society of Clinical Oncology Clinical Practice Guideline Focused Update. DOI: 10.1200/ JCO.2017.74.0472 Journal of Clinical Oncology.

4. Breastcancer.org. Study Compares Four Genomic Tests for Breast Cancer