12 Makanan Sehat yang Bisa Mencegah Sel Kanker

Pola makan sehat dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut WHO, dengan menerapkan pola makan yang sehat dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit tidak menular kronis (kronik), seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker. Perkembangan dari sel kanker telah terbukti sangat dipengaruhi oleh pola makan. Maka dari itu, menjaga pola makan sehat adalah hal yang penting. 

Berbagai jenis makanan mengandung zat-zat yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. 

Simak artikel ini untuk temukan makanan sehat yang bisa mencegah kanker. Anda juga bisa coba masukkan makanan sehat ini dalam menu makanan harian Anda. 

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker

Melansir dari situs Healthline dan WebMD, berikut makanan yang bisa mencegah atau menurunkan risiko kanker.

1. Brokoli

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman cruciferous yang memiliki sifat antikanker yang kuat. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa asupan sayuran cruciferous seperti brokoli dapat dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar yang lebih rendah. Memasukkan brokoli dalam beberapa menu makanan harian Anda dapat memberikan manfaat melawan kanker.

2. Buah Beri

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - buah berry

Buah beri kaya akan kandungan antosianin, pigmen tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan dan berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian oleh Departemen Studi Kanker dan Kedokteran Molekuler, Universitas Leicester ditemukan bahwa 25 orang dengan kanker usus besar yang diobati dengan ekstrak bilberry selama tujuh hari dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker sebesar 7%. Berdasarkan temuan ini, konsumsi 1-2 porsi buah beri dalam menu makanan harian Anda setiap harinya dapat menghambat perkembangan sel kanker.

3. Kacang-kacangan

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - kacang- kacangan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan risiko kanker. Beberapa tipe kacang-kacangan seperti kacang Brazil dan kacang Kenari telah diteliti dan memiliki hasil bahwa kacang tersebut memiliki hubungan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

4. Minyak Zaitun

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, salah satunya untuk membantu melindungi dari penyakit kanker. Sebuah hasil jurnal penelitian dari Lipids in Health and Disease menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah besar memiliki risiko kanker payudara dan kanker pencernaan lebih rendah. Anda bisa memulai mengganti minyak lain dalam menu makanan harian anda dengan minyak zaitun dengan cara membuat menu salad atau membuat ikan dan ayam panggang untuk merasakan manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

5. Kunyit

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahan aktif dalam kunyit, curcumin adalah bahan kimia dengan efek anti-inflamasi, antioksidan, dan bahan antikanker. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari konsumsi kunyit, anda bisa mengonsumsi ½-3 sendok teh kunyit bubuk per hari. 

6. Flaxseed (Biji Rami)

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - flaxseed

Flaxseed atau biji rami memiliki kandungan serat tinggi serta lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa flaxseed dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan membunuh sel-sel kanker terutama dalam kasus kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan serat pada flaxseed juga dapat mengurangi risiko dari penyakit kanker usus besar.

7. Tomat

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - tomat

Buah tomat mengandung senyawa lycopene, yang membuat tomat memiliki warna merah cerah. Senyawa lycopene dalam buah tomat juga memiliki sifat antikanker yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Untuk dapat merasakan khasiat antikanker dari buah tomat, Anda bisa mengolah tomat menjadi aneka menu seperti sandwich (roti lapis), salad, saus, dan pasta.

8. Bawang Putih

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang telah terbukti membunuh sel kanker. Beberapa studi juga menemukan bahwa memakan lebih banyak bawang putih dapat menurunkan risiko kanker perut, prostat, dan usus besar.

9. Teh

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - teh

Teh (terutama teh hijau), bisa menjadi makanan pencegah kanker. Dalam studi laboratorium, teh hijau telah memperlambat atau mencegah perkembangan sel kanker di usus besar, hati, payudara, dan sel-sel prostat. 

10. Kacang Merah

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - kacang merah

Kacang merah memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik, dan bahkan dapat melawan penyakit kanker. Dalam kacang merah, terkandung zat-zat fitokimia ampuh yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain melawan kanker, zat fitokimia dalam kacang merah juga dapat memperlambat pertumbuhan dan mencegah tumor melepaskan zat yang merusak sel di sekitarnya.

12. Sayuran Berdaun Hijau Tua

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - sayuran hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi, selada, kale, sawi putih, bayam dan lobak tinggi akan kandungan serat, folat, dan karotenoid. Nutrisi dari sayuran ini dapat melindungi anda dari berbagai penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker laring, kanker pankreas, kanker paru, kanker kulit, dan juga kanker daerah perut.

13. Air Putih

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker - air putih

Siapa sangka, dengan mengonsumsi air putih secara rutin anda dapat terhindar dari penyakit kanker, terutama kanker kandung kemih. Mengkonsumsi lebih banyak air putih menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering, sehingga dapat mengurangi jumlah waktu kontak dari zat penyebab kanker pada lapisan kandung kemih. 

Itulah daftar makanan sehat yang dapat mencegah penyakit kanker. Perlu diingat bahwa Anda tidak hanya dapat mengandalkan konsumsi makanan-makanan di atas saja untuk mencegah sel kanker. Anda perlu mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dengan menjaga asupan gizi, beristirahat dengan cukup, dan rutin berolahraga. Gaya hidup sehat dapat mendatangkan banyak manfaat, seperti mengurangi obesitas yang menjadi faktor utama penyakit berbahaya lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat meminimalkan risiko penyakit kanker dengan melakukan pemeriksaan rutin agar mengetahui seberapa besar risiko yang Anda akan hadapi. Anda bisa menggunakan layanan deteksi kanker dari OneOnco untuk pemeriksaan atau tes kanker di rumah sakit rekanan OneOnco terdekat dari Anda. Oneonco juga menyediakan layanan belanja sehat untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi para penderita kanker dengan Nutrican. Cek lokasi rumah sakit terdekat dari Anda di One Onco secepatnya.

Referensi:

Healthline. 13 Foods That Could Lower Your Risk of Cancer

National Library of Medicine. Pilot study of oral anthocyanins for colorectal cancer chemoprevention

National Library of Medicine. Selenium and Lung Cancer: A Systematic Review and Meta Analysis

National Library of Medicine. Olive oil intake is inversely related to cancer prevalence: a systematic review and a meta-analysis of 13800 patients and 23340 controls in 19 observational studies

National Library of Medicine. Dietary flaxseed alters tumor biological markers in postmenopausal breast cancer

National Library of Medicine. Flaxseed supplementation (not dietary fat restriction) reduces prostate cancer proliferation rates in men presurgery

National Library of Medicine. Dietary fibre for the prevention of recurrent colorectal adenomas and carcinomas

WebMD. Top Cancer-Fighting Foods

World Health Organization. Healthy diet