Langkah Mudah untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

Organ reproduksi adalah bagian penting karena memiliki fungsi untuk memberikan keturunan. Sebagai manusia, kita semua wajib untuk menjaga kesehatan reproduksi dengan baik. Karena ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang organ reproduksi, tidak hanya wanita saja, pria pun juga memiliki risiko yang sama. 

Sayangnya, masih banyak sekali masyarakat yang masih tidak tahu bagaimana cara untuk tetap menjaga kesehatan reproduksi ini. Nah, agar Anda juga tahu caranya, maka ikuti ulasannya di bawah ini hingga selesai, ya. 

Langkah Menjaga Kesehatan Reproduksi 

Banyak sekali masyarakat yang masih mengabaikan akan kesehatan dari organ reproduksi. Hal ini sendiri dikarenakan masyarakat kita masih jarang membahas masalah organ reproduksi secara umum. Paling kita mendapatkannya karena dari pelajaran biologi saat masih sekolah. Nah, di bawah adalah beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi yang harus Anda ketahui: 

Memastikan Kebersihan dari Alat Reproduksi 

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan memastikan kebersihannya. Masih banyak orang yang masih mengabaikan akan masalah kebersihan dari alat reproduksi, padahal ini adalah kunci agar kesehatan bagian tubuh ini tetap terjaga. Berikut ini pun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan bagian reproduksi: 

  1. Membersihkan organ intim setelah buang air kecil. 
  2. Membersihkan bagian intim setelah selesai berhubungan seksual. 
  3. Memastikan organ intim tetap dalam keadaan kering dan jangan sampai lembab. 
  4. Ganti celana dalam atau underwear secara rutin, minimal 2 kali sehari dan pastikan underwear masih bersih. 
  5. Hindari penggunaan sabun baik itu wangi atau sirih untuk membersihkan vagina. Termasuk penggunaan deodoran dan vaginal douche yang bisa menyebabkan iritasi. 
  6. Disarankan untuk menjalani prosedur sunat untuk pria agar kebersihan alat kelamin bisa terus terjaga dan menghindari penumpukan kotoran pada bagian kulup. 

Selalu Ingat Untuk Cuci Tangan 

Perlu Anda tahu bahwa organ intim adalah bagian dari tubuh yang termasuk sensitif. Menyentuh organ intim dengan tangan yang kotor, akan menyebabkan bakteri atau kuman berpindah sehingga kemungkinan kesehatan reproduksi terganggu pun sangat tinggi. Jadi, mencuci tangan tidak hanya sebelum dan sesudah makan. Untuk mencuci tangan pun ada baiknya menggunakan sabun antiseptik agar kuman, bakteri dan virus bisa hilang. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga jangan sampai tidak mencuci tangan setelah buang air besar. Karena setelah buang air besar (BAB), sudah pasti Anda akan membersihkannya dengan menggunakan tangan. Meski sudah bersih dari kotoran, namun belum tentu kuman dan bakteri sudah hilang. Jadi, pastikan Anda cuci tangan setelah BAB karena bisa jadi Anda akan menyentuh organ intim yang tentu saja bisa memindahkan kuman dan bakteri. 

Menghindari Seks yang Berisiko 

Memiliki gaya hidup dengan menjalankan seks yang berisiko jelas tidaklah baik untuk kesehatan, terutama untuk organ reproduksi. Seks berisiko yang dimaksud adalah dengan selalu bergonta-ganti pasangan untuk berhubungan intim, seks sesama jenis atau seks yang tidak menggunakan pengaman. 

Karena risiko Anda akan terkena penyakit menular seksual juga akan sangat tinggi. Misalnya adalah herpes, klamidia, kutu kemaluan, HIV, HPV yang menyebabkan kanker serviks dan masih banyak lagi. Penyakit menular seksual sendiri bisa dikatakan sangat mematikan karena beberapa penyakit seperti HIV dan HPV masih belum ditemukan obatnya. 

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Secara Rutin 

Langkah selanjutnya agar kesehatan reproduksi terus terjaga adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Karena ada beberapa penyakit organ reproduksi yang tidak memberikan gejala pada stadium awal. Contohnya adalah kanker serviks yang sebagian besar diketahui setelah masuk pada stadium lanjut.

Maka daripada itu, penting sekali untuk Anda melakukan check up rutin terkait dengan kesehatan reproduksi. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk memastikan kesehatan organ reproduksi, seperti berikut ini: 

  1. Periksa darah secara lengkap. 
  2. Melakukan USG
  3. Periksa kesehatan urin
  4. Periksa HSG (Histerosalpingografi) atau gangguan kesuburan pada wanita 
  5. Pap Smear untuk deteksi dini kanker serviks. 
  6. Menjalani tes penyakit menular seksual. 

Menjalankan Gaya Hidup yang Sehat 

Agar kesehatan reproduksi tetap terjaga dengan baik, maka Anda harus memperhatikan gaya hidup yang selama ini Anda jalankan. Karena jika Anda menjalankan gaya hidup yang tidak sehat, maka sudah pasti akan ada gangguan masalah kesehatan yang akan Anda alami. 

Misalnya adalah dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol. Kemudian, usahakan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan mengelola stres dengan benar. 

Nah, itulah beberapa cara agar Anda tetap bisa menjaga kesehatan reproduksi dengan baik. Untuk mengetahui kesehatan organ intim, maka lebih baik segera mengunjungi ONE Onco dan menjalani tes deteksi dini kanker serviks. 

Sumber: 

Reproductive Health (nih.gov)

Healthy sperm: Improving your fertility – Mayo Clinic

7 Tips To Maintain Good Reproductive Health | TheHealthSite.com