Kanker Sembuh Hanya Dengan Obat Herbal

Tidak sedikit orang yang memiliki kanker mengkonsumsi obat herbal sebagai pengobatan utama untuk menyembuhkan kanker. Obat herbal merupakan salah satu terapi komplementer, yaitu terapi pendamping yang digunakan beriringan dengan terapi atau pengobatan medis.

Obat herbal terdengar lebih natural tidak seperti obat kimia pada umumnya. Namun faktanya pembuatan obat herbal mengandung campuran berbagai macam zat kimia. Campuran tersebut dapat saling bersinergi ataupun memiliki efek berlawanan antar komponen, yang pada akhirnya akan menimbulkan efek pada tubuh manusia.

Obat herbal disajikan dari ekstrak atau penyarian bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, binatang, maupun mineral. Saat ini, proses produksi obat herbal sudah menggunakan teknologi maju. Pada umumnya, proses tersebut telah ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian pre-klinik seperti standar kandungan bahan berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standar pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas. 

Ada juga jenis terapi herbal yang menggunakan bahan rempah, tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, bunga, akar, dan daun hanya dengan proses penyaringan. Di Indonesia dikenal sebagai jamu.

Obat herbal saat ini masih banyak digunakan untuk mengobati kanker. Namun apakah benar obat herbal dapat mengobati atau menyembuhkan kanker?

Tidak ada bukti yang dapat dipercaya dari penelitian pada manusia bahwa pengobatan herbal dapat mengobati, mencegah atau menyembuhkan semua jenis kanker.

Saat ini terapi yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian dan keberhasilan terapi untuk menanggulangi kanker adalah beberapa terapi yang dianjurkan oleh dokter spesialis.

Ada banyak jenis pengobatan kanker. Tentunya pilihan terapi yang akan dilakukan tidaklah sama antar individu, tergantung pada jenis kanker, letak kanker, dan seberapa parah stadium kanker tersebut.

Beberapa orang yang memiliki kanker dapat menjalani hanya satu tipe penanganan. Namun beberapa orang memerlukan kombinasi perawatan, seperti pembedahan dengan kemoterapi terapi radiasi, ataupun targeted theraphy, maupun jenis terapi lainnya. Untuk itu pentingnya berkonsultasi dengan tim dokter yang ahli dalam bidangnya. Seperti dokter spesialis onkologi, dan dokter spesialis bedah saraf. Dokter spesialis akan memberikan informasi dan menentukan strategi penanganan kondisi medis terkait kanker.

Penggunaan terapi herbal, baik jenis tradisional, ataupun dalam bentuk obat serta suplemen makanan hingga saat ini tidak terbukti dapat mengobati atau menyembuhkan kanker. Konsumsi terapi herbal, baik suplemen makanan tidak diperbolehkan terutama bagi pasien yang sedang menjalankan terapi medis seperti kemoterapi, atau radioterapi, kecuali diresepkan oleh dokter spesialis yang menangani terapi kanker.7 Beberapa kandungan dari terapi herbal, atau supplemen makanan dapat bersifat anti-cancer treatment (melawan efek terapi kanker, mengganggu cara tubuh memproses kemoterapi / radioterapi), sehingga pengobatan tidak berjalan dengan baik, bahkan dapat menjadi racun bagi tubuh yang dapat membahayakan kondisi medis.

Referensi:
1. Complementary and Alternative Medicine (CAM) [Internet]. National Cancer Institute. [cited 27 January 2022]. Available from: https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/cam

2. [Internet]. 2022 [cited 27 January 2022]. Available from: http://www.pom.go.id/files/2017/3_ResepAlam.pdf; lihat juga https://rs.ui.ac.id/umum/berita-artikel/artikel-populer/obat-herbal-benarkah-tanpa-efek-samping

3. Warisan Budaya Takbenda | Beranda [Internet]. Warisanbudaya.kemdikbud.go.id. 2022 [cited 27 January 2022]. Available from:

4. Herbal medicine | Complementary and alternative therapy | Cancer Research UK [Internet]. Cancerresearchuk.org. 2022 [cited 4 February 2022]. Available from: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-in-general/treatment/complementary-alternative-therapies/individual-therapies/herbal-medicine 

5. Types of Cancer Treatment [Internet]. National Cancer Institute. 2022 [cited 4 February 2022]. Available from: https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/types

6. Brain Tumor [Internet]. mayoclinic.com [cited 18 January 2022]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brain-tumor/diagnosis-treatment/drc-20350088

7. About Herbs, Botanicals & Other Products [Internet]. Memorial Sloan Kettering Cancer Center. 2022 [cited 4 February 2022]. Available from: https://www.mskcc.org/cancer-care/diagnosis-treatment/symptom-management/integrative-medicine/herbs

8. Natural supplements to avoid [Internet]. Cancer Treatment Centers of America. 2022 [cited 4 February 2022]. Available from: https://www.cancercenter.com/integrative-care/naturopathic-support/natural-supplements-to-avoid