Kena Kanker Paru Meski Tidak Merokok, Apakah Mungkin?

Kanker paru masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada jutaan kematian akibat kanker paru yang terjadi di seluruh dunia.

Kanker paru erat kaitannya dengan rokok. Karena, memang rokok merupakan faktor risiko utama dari tipe kanker ini. Beberapa studi ilmiah menyebutkan rokok berkontribusi pada 80-90 persen kasus kanker paru.

Kendati demikian, orang yang tidak merokok tidak lepas dari risiko kanker paru.

Fakta memperlihatkan kanker paru juga dapat dialami non-perokok. Mengapa tidak merokok tapi kena kanker paru?

Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Berikut ini beberapa penyebab kanker paru-paru pada seseorang yang tidak merokok:

Perokok Pasif

Perokok pasif atau secondhand smoke memiliki risiko kanker paru yang cukup besar, bahkan sama dengan perokok aktif. Terdapat dua jenis asap rokok yang dapat terhirup para perokok pasif, yakni mainstream smoke yang diembuskan oleh perokok aktif dan sidestream smoke dari ujung rokok yang terbakar. Jenis sidestream smoke memiliki kandungan zat karsinogen (penyebab kanker) lebih tinggi.

Radon

Radon telah ditetapkan menjadi salah satu karsinogen untuk pernapasan dan menjadi contoh penyebab kanker paru-paru selain merokok.Data menyebutkan ada sekitar 21.000 kasus kanker paru tiap tahunnya yang disebabkan oleh radon

Arsen

Paparan arsenik, seperti pada air minum, juga diketahui dapat berhubungan dengan kanker paru. Risiko kanker paru akan meningkat pada mereka yang juga terpapar asap rokok atau perokok pasif.

Uap Masakan

Meski terdengar sepele, nyatanya uap masakan sehari-hari dapat berkontribusi pada terjadinya kanker paru yang tidak disebabkan oleh rokok.Penelitian menunjukkan, mereka yang kerap memasak menggunakan kayu atau arang sebagai bahan bakar berisiko mengalami kanker paru.

Polusi Udara Udara

yang tercemar oleh berbagai zat polutan seperti nitrite oxide juga dapat meningkatkan risiko kanker paru. Polusi udara sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu karsinogen.

Asbes

Paparan asbestos, seperti pada orang-orang yang bekerja di pertambangan, juga dapat meningkatkan risiko kanker paru. Zat tersebut memang termasuk dalam daftar karsinogen.

Lakukan Pencegahan Kanker Paru Meski Tidak MerokokJika Anda sering terpapar salah satu atau lebih zat di atas, sebaiknya mulai giat melakukan pencegahan agar terhindar dari kanker paru. Beberapa langkah pencegahan kanker paru yang dapat dilakukan adalah:

Hindari Paparan Asap Rokok

Sebisa mungkin hindari berada di sekitar perokok aktif. Jika Anda tinggal dengan anggota keluarga yang perokok aktif, ingatkan untuk tidak merokok di rumah dan mengganti pakaian sebelum masuk ke rumah.Akan jauh lebih baik bila perokok aktif juga menghentikan kebiasaan merokoknya untuk menurunkan risiko kanker paru pada dirinya.

Hindari Paparan Karsinogen

Pernapasan Lainnya Hindari paparan radon, asbes, dan zat lain yang merupakan karsinogen. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk terpapar zat tersebut, lakukan pemeriksaan atau screening setidaknya setiap tahun.

Gunakan Masker

Saat Berkendara Untuk menghindari paparan polusi udara yang berlebihan, selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan terutama saat mengendarai kendaraan bermotor.

Konsumsi Makanan

SehatMakan makanan sehat dan bergizi dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan antioksidannya untuk membantu menangkal radikal bebas.

Penyebab kanker paru-paru tidak terbatas pada merokok saja, faktanya dari mereka yang tidak merokok pun dapat terkena kanker paru. Karena, hal ini disebabkan oleh paparan terhadap zat lain pun dapat menyebabkan kanker paru.

Untuk mencegahnya, lakukan beberapa hal di atas dan tetap terapkan pola hidup sehat. Jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi risiko kesehatan yang Anda miliki, dan mencegahnya secara spesifik.

Sumber

https://www.cancer.org/cancer/lung-cancer/prevention-and-early-detection/risk-factors.html

https://www.cdc.gov/cancer/lung/basic_info/risk_factors.html

https://www.who.int/cancer/PRGlobocanFinal.pdf

 https://www.cancer.org/cancer/lung-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html

https://www.cancer.org/cancer/lung-cancer/causes-risks-prevention/prevention.htmlhttps://www.aafp.org/afp/2015/0215/p250.html