Gejala Kanker Lambung

Lambung merupakan salah satu sistem pencernaan yang bisa saja terkena sejumlah penyakit, tak terkecuali kanker lambung atau kanker gastrik. Pada umumnya, kanker lambung diawali dengan berbagai macam gejala. Namun, gejala ini sering kali tidak terdeteksi sejak dini karena serupa dengan gejala penyakit pencernaan lainnya. Akibatnya, penanganan kanker ini menjadi terlambat dengan kondisi lambung yang sudah mengkhawatirkan. Kenali gejala kanker lambung berikut ini agar dapat dideteksi lebih awal dan mendapatkan langkah pencegahan yang tepat.

Muncul Rasa Nyeri

Biasanya, gejala awal yang dirasakan oleh penderita kanker lambung adalah adanya rasa nyeri di bagian atas perut, tepat di bawah dada. Berbeda dengan masalah pencernaan lainnya, kanker lambung akan memunculkan rasa nyeri dalam jangka waktu lama dan terus-menerus. Selain itu, rasa nyeri ini juga dapat meningkat setelah makan. 

Gangguan Pencernaan

Penderita kanker lambung juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti mual dan muntah. Gejala ini diperparah dengan kesulitan menelan makanan atau disfagia, perut kembung, bahkan penurunan nafsu makan dan berat badan drastis yang berlangsung secara persisten atau berlangsung tetap dalam jangka waktu panjang. 

Anemia

Gejala lainnya yang muncul secara berkelanjutan adalah anemia. Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah menyebabkan kadar oksigen juga menurun, sehingga penderita kanker lambung menjadi mudah kelelahan walaupun hanya melakukan aktivitas ringan. Gejala ini juga menyebabkan warna kulit menjadi pucat.

Warna Tinja Berubah

Perdarahan pada dinding lambung juga menjadi gejala serius dan berpotensi penderita mengalami kanker lambung. Gejala ini dapat terlihat dari warna feses yang dikeluarkan. Karena adanya perdarahan tersebut, warna feses menjadi lebih gelap pekat.

Referensi:

  1. American Cancer Society. Signs and Symptomps of Stomach Cancer. [Internet] [cited 2023 October 24th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/types/stomach-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html
  2. Universitas Negeri Yogyakarta. [Internet] [cited 2023 October 24th]. Available from: https://eprints.uny.ac.id/56394/2/BAB2_KAJIAN_TEORI.pdf