Efektivitas Vaksin HPV Terhadap Orang yang Sudah Terkena HPV

Vaksin HPV (Human Papillomavirus) adalah jenis vaksin yang dirancang untuk menjaga tubuh dari terinfeksi virus HPV. HPV merupakan virus yang bisa mengakibatkan infeksi pada kulit, termasuk kutil kelamin dan kanker serviks.

Vaksin HPV bukan menjadi cara utama dalam usaha mencegah kanker serviks. Selain pemberian vaksin, fokus juga diberikan pada pendidikan perilaku dan penyediaan informasi mengenai pemeriksaan, diagnosis, serta penanganan penyakit terkait. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencegahan dan pengelolaan kondisi tersebut.

Sasaran utama dari pemberian Vaksin ini adalah anak perempuan berusia 9-14 tahun, dan keberhasilannya sangat bergantung pada cakupan yang luas untuk mencegah kanker serviks.

Vaksin HPV ini memiliki efektivitas yang tinggi pada orang yang tidak mempunyai bukti pernah terinfeksi jenis vaksin HPV sebelumnya. Namun, vaksin HPV juga masih dapat memberikan manfaat bagi orang yang sudah terpapar HPV, meskipun tingkat efektivitasnya bisa berbeda-beda. 

Inilah beberapa dampak atau khasiat yang diberikan vaksin pada orang yang telah terkena virus HPV, 

  • Mencegah infeksi HPV baru: Vaksin HPV dapat membantu mencegah infeksi HPV baru, termasuk jenis HPV yang belum menginfeksi tubuh.
  • Mengurangi risiko kanker serviks: Vaksin HPV dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks, meskipun tidak dapat sepenuhnya dihilangkan.
  • Mengurangi risiko kanker vulva, vagina, dan anus: Vaksin HPV dapat membantu mengurangi risiko kanker vulva, vagina, dan anus.
  • Mengurangi risiko kutil kelamin: Vaksin HPV dapat membantu mengurangi risiko kutil kelamin.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Vaksin HPV dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi HPV.

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2024, Maret 28). HPV Vaccination: For Providers. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/vaccines/vpd/hpv/hcp/vaccines.html
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2024, Maret 28). Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim dan Mewujudkan Generasi Sehat. Ayo Sehat. https://ayosehat.kemkes.go.id/vaksin-hpv-mencegah-kanker-leher-rahim-dan-mewujudkan-generasi-sehat