Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan Saat Terdiagnosis Kanker Serviks 

Kanker serviks adalah penyakit yang membutuhkan perawatan dan pengobatan yang panjang. Tidak ada satupun wanita yang ingin terkena kanker serviks, maka sudah pasti ketika mendapatkan diagnosis terkena kanker serviks, secara psikologis sudah pasti akan berat. Stres dan kecemasan sudah pasti akan dialami saat itu juga. 

Kondisi ini jelas akan membuat pasien kanker serviks akan semakin sulit untuk maju. Mungkin sekarang ini kamu sedang mengalaminya dan ingin segera mengatasi stres serta kecemasan yang dialami karena terdiagnosis kanker serviks. Adapun beberapa caranya untuk bisa mengatasi kondisi psikologis tersebut yang akan dijelaskan secara singkat di bawah ini. 

Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan untuk Pasien Kanker Serviks

world-cancer-survivor-month

Kamu harus tahu bahwa kanker serviks masih bisa diobati selama masih dalam tahap awal. Tapi, bukan berarti kanker serviks menjadi akhir dari semuanya. Karena harapan hidup dengan kanker ini sangatlah tinggi jika terdiagnosis pada stadium awal. Meski tidak dapat dipungkiri kalau secara mental penderita kanker serviks saat pertama kali terdiagnosis akan mengalami stres dan cemas. Untuk mengatasinya, maka kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini: 

Jangan Takut Melakukan Kegiatan yang Bisa Dilakukan 

Cara pertama adalah jangan pernah takut untuk melakukan kegiatan yang masih bisa dilakukan. Menjadi pasien kanker serviks bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun. Selama masih pada tahapan awal, kamu bisa melakukan segala aktivitas dengan normal. Meski, ada beberapa hal yang mungkin harus kamu diskusikan dengan dokter. 

Kalau kamu menyukai olahraga berat, ada baiknya untuk melakukan konsultasikan terlebih dahulu agar tidak memperburuk keadaan. Jadi, selama kamu menjalani perawatan dan pengobatan, maka lebih baik jangan ragu untuk melakukan apapun yang kamu suka. Pasien kanker serviks tetap bisa melakukan apapun yang diinginkan. 

Pelajari Tentang Kanker Serviks 

Cara selanjutnya adalah dengan mempelajari lebih jauh akan kanker serviks. Mungkin kamu pernah mendengar tentang kanker serviks, tapi tidak begitu tahu secara mendalam tentang kanker yang satu ini. Kamu bisa selalu bertanya kepada dokter yang menanganimu untuk mengetahui lebih dalam akan kanker serviks ini. 

Tidak hanya itu saja, kamu bisa bergabung dengan forum khusus untuk penderita kanker serviks. Karena kamu bisa bertukar informasi terkait kanker serviks. Bahkan bisa bercerita satu sama lain untuk saling menguatkan. Jadi, pelajari lebih dalam akan kanker serviks agar tetap tenang selama hidup dengan penyakit ini. 

Jangan Takut Bercerita dengan Orang Terdekat 

Dukungan yang sangat berarti bagi kamu yang baru saja terdiagnosis kanker serviks adalah jangan takut untuk bercerita dengan orang terdekat. Kamu bisa memulai dengan cerita bahwa memang sudah menjadi pasien kanker serviks. Kemudian bisa memberikan informasi akan kanker serviks secara garis besar. 

Karena dengan dukungan dari orang terdekat, baik dari keluarga dan teman, kamu akan terbantu untuk mengurangi rasa cemas dan stres. Karena saat kamu terdiagnosis kanker serviks, maka tidak dapat dipungkiri ada rasa takut terkait apa yang akan terjadi. Tapi, dengan adanya orang terdekat, kamu bisa terus maju untuk menghadapi kanker serviks. 

Tidak Perlu Ragu jika Membutuhkan Jarak 

Cara selanjutnya adalah dengan tidak takut untuk meminta jarak dari orang-orang yang kamu cintai. Setelah bercerita kepada orang terdekat akan kondisi yang kamu alami, sudah pasti mereka ingin menanyakan kabar dan memberikan semangat. Tapi, sayangnya kadang kata-kata yang mereka berikan tidak membantu perasaanmu. 

Tidak ada salahnya kamu mengatakan kalau ingin sendiri atau tidak ingin ditemui. Kamu harus memberikan waktu kepada dirimu sendiri. Tidak ada salahnya kamu menyendiri agar perasaan tetap tenang dan mulai melakukan perawatan. Karena kamu adalah satu-satunya yang bisa mengambil tindakan untuk dirimu sendiri. 

Perlahan Menerima Bantuan 

Bantuan yang dimaksud bukanlah dalam bentuk materi, tapi dari tindakan dan sikap dari orang terdekat. Jangan takut untuk menerima bantuan apapun dari mereka. Karena kamu harus memahami bahwa orang yang ada di sekitarmu ingin membantu agar kamu bisa kuat dan tetap menjalani perawatan kanker serviks dengan baik. 

Apabila memang kamu tidak bisa melakukannya sendiri, maka jangan takut untuk menerima bantuan dari mereka. Misalnya mereka ingin memberikan makanan sehat untukmu, tidak ada salahnya untuk menerimanya. Termasuk dengan memberikan bantuan kecil, seperti mengantarkanmu ke dokter, berbelanja dan lain sebagainya. 

Dengan cara di atas, maka kamu bisa menghilangkan rasa cemas dan stres secara perlahan. Tapi, cara yang paling pasti adalah dengan menerima apapun kondisi sekarang ini. Mungkin memang tidak ada orang disekitarmu yang punya kondisi yang sama, tapi kamu harus tahu bahwa kanker serviks bisa disembuhkan jika sudah diketahui sejak dini. 

Maka daripada itu, sangat disarankan untuk kamu melakukan tes deteksi dini kanker serviks agar bisa ditangani dengan cepat dan kanker serviks bisa sembuh. Dimana kamu bisa mengunjungi ONE Onco atau ke situsnya di https://oneonco.co.id/deteksi-kanker/serviks

Sumber: 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pasien Kanker – AHCC

Managing Anxiety and Distress in Cancer Survivors – NCI

Adjustment to Cancer: Anxiety and Distress (PDQ®)–Patient Version – NCI