BINGUNG MENGELOLA ASUPAN NUTRISI PASIEN KANKER, PELAJARI TIPS DIBAWAH INI

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk dapat melewati masa pengobatan kanker. Selain mengonsumsi obat dan menjalani pemeriksaan kanker secara rutin, menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi harian agar tubuh dapat melawan sel-sel abnormal yang menyerang. Namun, apa saja nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari? Simak jawabannya di sini!

ASUPAN NUTRISI YANG PENTING BAGI PASIEN KANKER

Di Indonesia, kanker masih menjadi penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan peningkatan, dari 1,4 per 1000 penduduk pada tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Kanker tidak muncul begitu saja tanpa alasan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini berkaitan dengan gaya hidup. Pertanyaannya, bagaimana pasien kanker dapat mempertahankan kondisinya agar tetap sehat?

Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisi harian. Nutrisi adalah proses ketika makanan diolah dan digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan, dan menggantikan jaringan yang rusak. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu mempercepat pemulihan. Hal ini penting dilakukan sebelum, selama, dan setelah pengobatan kanker.

Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh pasien kanker agar cepat pulih? Berikut penjelasannya:

  1. Karbohidrat

Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh pasien kanker adalah karbohidrat. Zat ini memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh selama pengobatan kanker. Beberapa sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi adalah beras merah, gandum utuh, kacang polong, dan sereal.

  1. Protein

Nutrisi lainnya yang penting untuk dipenuhi oleh seseorang yang sedang dalam pengobatan adalah protein. Protein mengandung asam amino yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tetap prima. Makanan yang kaya akan protein antara lain daging tanpa lemak, telur, yogurt, dan susu, makanan ini sangat baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat kanker.

  1. Vitamin

Vitamin yang tercukupi dapat menjaga tubuh tetap sehat. Vitamin merupakan nutrisi yang mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan memastikan semua organ tubuh berfungsi dengan baik. Vitamin bisa didapatkan dari buah dan sayur, atau dari suplemen tambahan.

  1. Mineral

Pasien kanker juga perlu mencukupi kebutuhan mineral. Hal ini dikarenakan mineral mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang kaya akan mineral seperti sayur-sayuran hijau, makanan laut, dan makanan yang kaya kalsium.

Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ini, penderita kanker dapat membantu tubuhnya lebih cepat pulih.

 

Referensi : 

Health Exchange Singapore. ​​​​​Balanced Diet for cancer patients [Internet]. 2021 [cited 2024 May 21]. Available from: https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/balanced-diet-cancer-patients

Michigan University. The best diets for cancer patients and cancer survivors.  [Internet]. 2019 [cited 2024 May 21]. Available from: https://www.michiganmedicine.org/health-lab/best-diets-cancer-patients-and-cancer-survivors

Dharmais. Kanker : Nutrisi pada pasien kanker. [Internet]. 2021 [cited 2024 May 21]. Available from: https://dharmais.co.id/news/285/Kanker-:-Nutrisi-pada-Pasien-Kanker