Bahaya Penyakit Kanker Hati

Kanker hati merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya bagi keberlanjutan hidup individu. Pasalnya, sering kali gejala kanker hati sulit terdeteksi saat stadium awal dan baru dirasakan gejalanya saat perkembangan kanker sudah mencapai stadium lanjut. Selain itu, kanker hati juga memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mari kita memahami bahaya kanker hati yang dapat mengintai.

Gejala Sulit Diidentifikasi

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker hati juga memiliki gejala penyakit seperti rasa nyeri pada perut, sering kelelahan walaupun hanya melakukan aktivitas ringan, perubahan warna kulit, dan penurunan berat badan secara drastis. Permasalahannya, sejumlah gejala tersebut cenderung baru terasa saat perkembangan sel kanker telah memasuki stadium lanjut.

Rendahnya Peluang Pemulihan

Gejala kanker hati yang cenderung baru terdeteksi saat perkembangan sel kanker telah memasuki stadium lanjut menyebabkan peluang pulih dari penyakit ini menjadi rendah. Hal ini karena saat memasuki stadium lanjut kemungkinan tumor telah menyebar ke seluruh organ hati dan memiliki ukuran lebih besar, jika sudah menyebar ke organ lainnya. Kondisi demikian mengakibatkan tindakan operasi tidak untuk mengangkat tumor tidak dapat dilaksanakan karena kondisi organ hati yang tidak cukup sehat untuk tindakan operasi.

Upaya pengobatan lainnya seperti, imunoterapi, kemoterapi, penghancuran sel kanker menggunakan laser, gelombang mikro, temperatur atau alkohol (tindakan ablasi), maupun pemblokiran aliran darah ke tumor (tindakan embolisasi) dapat dilakukan. Namun, dengan kondisi kanker yang telah menyebar, upaya pengobatan tersebut hanya dapat membantu untuk mengurangi gejala kanker.

Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

Hati berperan sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Adapun sejumlah fungsi hati, antara lain membersihkan zat-zat beracun dan limbah metabolik dalam darah (detoksifikasi), berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, juga membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Apabila organ hati terserang sel kanker, maka hati tidak dapat menjalankan sejumlah fungsi tersebut dengan maksimal. Akibatnya, akan ada penumpukan racun dalam tubuh dan gangguan proses metabolisme, sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga menjadi menurun.

Referensi

  1. Cancer Research UK. Symptoms of Liver Cancer. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/liver-cancer/symptoms
  2. American Cancer Society. Treatment of Liver Cancer, by Stage. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/types/liver-cancer/treating/by-stage.html