Bagaimana Mendukung Teman atau Keluarga yang Menderita Kanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan dan menjadi salah satu momok sendiri bagi masyarakat. Faktor risiko kanker ada banyak, mulai dari keturunan, pola hidup yang tidak sehat dan terinfeksi virus HPV. Orang yang sudah mendapatkan diagnosis kanker pun pasti akan merasakan dunia runtuh. 

Mengingat kanker hingga saat ini masih belum ditemukan obatnya di mana dari sisi kedokteran, untuk bisa membuat kanker tidak menggerogoti tubuh adalah dengan melakukan perawatan dan tindakan yang disarankan, seperti operasi untuk mengangkat sel kanker, kemoterapi atau terapi radiasi. 

Tentu saja, bagi penderita kanker, menjalani hidup akan terasa sangat sulit sekali. Selain harus melakukan perawatan yang panjang dan berat, penderita kanker pun kebanyakan tidak bisa lagi beraktivitas dengan normal. Maka daripada itu, sebagai keluarga dan teman pun harus bisa memberikan dukungan terbaik. 

Cara Memberikan Dukungan untuk Penderita Kanker 

dukungan-pada-survivor-kanker

Tentu saja, ketika kita memiliki teman atau keluarga yang menderita kanker, kita tidak bisa meninggalkan mereka sendiri. Menjalani hidup dengan kanker tidaklah mudah, apalagi harus menjalani beragam tes, perawatan dan pengobatan yang panjang. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan dukungan kepada para penderita kanker: 

Posisikan Diri Sebagai Penderita Kanker 

Cara pertama adalah dengan memposisikan diri sebagai penderita kanker. Kamu harus memahami dengan baik bahwa apa yang terjadi dengan mereka bukanlah hal mudah. Hal ini tidak perlu kamu tunjukkan, kamu cukup mengerti bahwa yang mereka alami tidaklah mudah. Kamu ada di samping mereka untuk memberitahu bahwa mereka tidak sendirian. 

Selain itu, dengan memposisikan diri sama dengan mereka, kamu tidak akan bersikap berbeda. Kamu tetap menjalin hubungan yang sama dan tidak ada yang berubah. Kamu tetap keluarga atau teman dari pasien kanker dan akan terus menemani mereka berjuang hingga mereka pun bisa menjalani aktivitas yang tidak berubah. 

Bertanya Terlebih Dahulu Jika Ingin Berkunjung 

Tentu saja, ketika kamu ingin mendukung teman atau keluarga yang menderita kanker ingin berada di samping mereka selama mungkin. Namun, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu jika ingin berkunjung dan menemui mereka karena bisa jadi, mereka sedang tidak ingin ditemani siapapun karena telah menjalani perawatan yang panjang. 

Tidak hanya itu saja, pasien kanker biasanya akan kehilangan kepercayaan diri karena ada perubahan dalam diri mereka. Mulai dari penampilan yang pasti akan mengalami perubahan sampai tidak ingin terlihat karena terlalu lemah. Maka daripada itu, kamu harus bertanya terlebih dahulu agar teman atau keluarga tetap merasa nyaman bersama denganmu. 

Saat Berkunjung Buatlah Tujuan untuk Tetap Menghibur 

Salah satu cara yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah dengan memastikan bahwa kamu datang berkunjung untuk menghibur mereka. Bukan untuk menunjukkan belas kasihan yang terlalu berlebihan. Karena bagi pasien kanker mereka tidak ingin dikasihani, mereka tahu bahwa mengidap kanker berarti tidak akan menjalani hidup yang sama. 

Mereka sudah merasakan hal paling berat dalam hidup, jadi yang dibutuhkan hanyalah teman atau keluarga yang selalu menghibur mereka. Jadi, buatlah beberapa agenda yang mampu membuat mereka tertawa meski dalam keadaan sakit. Setidaknya, pasien kanker bisa melupakan rasa sakit tersebut sejenak. 

Berikan Dukungan dengan Cara Baik 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung teman atau keluarga yang menderita kanker adalah dengan memberikan dukungan dengan cara baik. Salah satunya adalah dengan membuat makanan sehat agar mereka tetap bersemangat. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat mereka lebih percaya diri. 

Bisa juga dengan membantu beberapa kegiatan yang sebelumnya sering dilakukan olehnya. Dengan membantu belanja bulanan, membantu mengerjakan pekerjaan rumah, mungkin bisa juga menemani anak atau orang tua penderita kanker untuk terus semangat. Jadi, pasien kanker tidak akan merasa sendirian. 

Hindari Kalimat Ini 

Ketika kamu ingin mendukung penderita kanker, maka ada beberapa hal yang tidak boleh kamu katakan. Contohnya adalah dengan menghindari kalimat seperti “jangan khawatir” atau “aku mengerti perasaanmu”. Karena kata-kata tersebut tidak akan membantu perasaan mereka menjadi lebih baik. 

Sangat disarankan untuk memberikan kalimat seperti menawarkan bantuan. Misalnya adalah “apa yang bisa aku lakukan untukmu sekarang?” atau “jangan ragu untuk meminta bantuan jika kamu membutuhkannya”. Mereka akan sangat berterima kasih jika kamu memberikan bantuan, walau hanya mendengar mereka bercerita saja. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan dukungan kepada pasien penderita kanker. Dalam hal ini yang mereka butuhkan hanyalah dukungan secara emosional. Karena perawatan dan pengobatan yang panjang akan membuat mereka lelah secara fisik serta mental. Jika kamu ingin mengecek kesehatan tubuh terkait kanker, kamu bisa melakukannya di ONE Onco yang memberikan pelayanan deteksi dini kanker serviks atau bisa langsung mengunjungi situs https://oneonco.co.id/deteksi-kanker/serviks

Sumber: 

End-of-Life Care – NCI (cancer.gov)

19 ways to help someone with cancer | MD Anderson Cancer Center

Helping Cancer Patients and Survivors Stay Mentally and Emotionally Healthy | CDC