Apakah Vaksin HPV Bisa Mengobati Kutil Kelamin?

Kutil, atau yang dikenal dengan common warts, terjadi ketika permukaan kulit terinfeksi yang umumnya disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus). Perlu diingat, kutil ternyata menular. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung. Setelah terpajan virus, kutil memerlukan waktu 2-6 bulan untuk berkembang. Lalu benarkah vaksin HPV bisa mengatasi kutil? Simak penjelasannya mengenai pengobatan kutil di sini!

Mengenali Gejala Kutil

Kutil atau common warts, umumnya sering ditemukan pada tangan. Beberapa tanda yang dapat mengindikasikan kutil antara lain munculnya benjolan kecil, berwarna seperti warna kulit atau cokelat, kasar saat disentuh, dan terdapat titik-titik hitam yang menandakan penggumpalan pembuluh darah.

Jika kutil menunjukkan gejala yang lebih serius, seperti terasa nyeri, berdarah, atau gatal, pertumbuhan yang mengganggu aktivitas, atau kutil yang terus menerus muncul, jangan abaikan kondisi ini. Segera konsultasikan dengan dokter.

Virus penyebab kutil mudah menular, terutama melalui kontak langsung. Namun, tidak semua orang yang terpajan virus ini akan mengalami kutil. Umumnya orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap kondisi ini. Oleh karena itu, anak-anak dan orang dewasa muda lebih rentan terkena kutil. Sebaiknya lakukan berbagai tindakan pencegahan seperti mendapatkan vaksin HPV di one.onco, menghindari menyentuh kutil terlalu sering atau mencoba mengobatinya sendiri, karena hal ini dapat memicu penyebaran virus HPV, menghindari berbagi handuk, alat cukur, atau barang pribadi, dan menggunakan pelembab setiap hari untuk menghindari kulit kering, pecah-pecah.

Hubungan Vaksin HPV dengan Kutil

Vaksin HPV merupakan salah satu jenis vaksin yang mampu mencegah penyakit kanker serviks. Selain itu, vaksin HPV juga efektif dalam mencegah penularan kutil kelamin.

Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV dan biasanya muncul pada area kelamin. Kutil kelamin berukuran kecil, tersebar, berwarna kulit atau berupa sekumpulan benjolan menyerupai kembang kol di alat kelamin.

Dr. John Stern dari Divisi Penyakit Menular di Universitas Pennsylvania melakukan perawatan pada seorang pasien dengan kutil dan menyarankan diberikan vaksin HPV karena memberikan perlindungan dari virus HPV yang dikaitkan dengan kanker. Vaksin HPV umumnya diberikan pada anak yang belum aktif secara seksual, tidak untuk mengobati infeksi HPV. Namun, sebulan setelah dosis pertama vaksin HPV, pasien tersebut menunjukkan perbaikan yang bermakna dan dalam 3 bulan kutil menghilang. Selain pasien tersebut, laporan kasus lainnya menunjukkan bahwa kutil menghilang setelah diberikan vaksin HPV. Namun, kutil yang disebabkan oleh HPV mungkin dapat menghilang dengan sendirinya, oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi bahwa vaksin HPV dapat mengatasi kutil.

Pengobatan Kutil

Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kutil:

  1. Krioterapi

Krioterapi dikenal sebagai terapi pembekuan, di mana kutil disemprotkan cairan nitrogen untuk mematikan jaringan kutil. Jaringan kutil yang mati akan mengelupas dengan sendirinya.

  1. Sinar Laser

Dalam metode ini, sinar laser digunakan untuk memanaskan dan menghancurkan pembuluh darah kecil dalam kutil sehingga jaringan kutil mati.

  1. Kuret

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan pisau bedah untuk memotong kutil hingga dasarnya.

Pengobatan pada kutil sebaiknya dilakukan oleh dokter di rumah sakit. Sebelum tindakan, pasien akan diberikan obat bius lokal untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin muncul.

 

Referensi:

Mayo Clinic. Common warts [Internet]. 2024 May 16 [cited 2024 Jul 25]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/symptoms-causes/syc- 20371125#:~:text=Common%20warts%20are%20small%2C%20grainy,and%20are%20transmitted%20by

%20touch.

Live Science. Could the HPV vaccine treat warts? 2015 Sep 4 [cited 2024 Jul 25]. Available from: https://www.livescience.com/52089-hpv-vaccine-warts-treatment.html

Cleveland    Clinic.    Warts    [Internet].    2024     Feb    20    [cited                      2024      Aug        6].                  Available        from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15045-warts

WebMD. Visual guide to warts [Internet]. 2023 Aug 22 [cited 2024 Aug 6]. Available from: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-warts