Apakah Perbedaan Wasir dan Kanker Usus? Intip Jawabannya di Sini!

Saat ini, masih banyak sekali orang awam yang membingungkan perbedaan wasir dan kanker usus. Boleh dibilang, beberapa jenis kanker usus memiliki gejala yang serupa dengan wasir. Khususnya, kanker dubur dan kanker usus besar. Tak heran jika sebagian orang khawatir terjangkit kanker usus apabila mengalami perdarahan di dubur maupun memiliki benjolan pada anus.

Dilansir dari Book: Mayo Clinic on Digestive Health, wasir adalah pembuluh darah yang membengkak di anus dan rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Wasir dapat berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Akan tetapi, ternyata ada beberapa perbedaan wasir dan kanker usus yang wajib diketahui. Begitupun dengan penyakit wasir yang ciri-cirinya juga berbeda dari kanker usus. Yuk simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini mengenai perbedaan wasir dengan kanker usus!

Perbedaan Wasir dengan Kanker Usus

Menurut Mayo Clinic, wasir adalah bagian normal dari anatomi anorektum. Mereka adalah bantalan vaskuler yang berfungsi untuk melindungi sfingter anus, membantu penutupan saluran anus selama peningkatan tekanan perut, dan memberikan informasi sensorik yang membantu membedakan antara feses, cairan, serta gas dalam perut. Sementara itu, kanker kolorektal adalah istilah umum untuk kanker yang dimulai di usus besar. Tergantung di mana kanker dimulai, kanker kolorektal terkadang disebut kanker usus besar atau rektal. Kanker terkadang dapat dimulai di usus kecil, tetapi kanker usus kecil jauh lebih jarang ditemukan daripada kanker usus besar.

Apakah Wasir Gejala Kanker Usus Besar?

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker usus besar yang dilansir dari NHS Inform

  • Perubahan terus-menerus dalam kebiasaan BAB. Biasanya perubahan BAB baik itu lebih keras atau encer pada kanker usus besar bersamaan dengan darah di dalam feses.
  • Nyeri, anus terasa tidak nyaman, gatal, atau benjolan yang menggantung pada bagian luar belakang anus.
  • Sakit perut, merasa tidak nyaman atau kembung yang selalu dipicu oleh makanan, terkadang mengakibatkan berkurangnya jumlah makanan yang dikonsumsi dan penurunan berat badan yang signifikan.

Apakah Berdarah saat BAB Pertanda Kanker Usus Besar?

Menurut NHS Inform, berikut adalah pertanda kanker usus besar pada penderitanya:

  • Darah di feses berwarna merah tua kehitaman.
  • Biasanya perubahan BAB baik itu lebih keras atau encer pada kanker usus besar.
  • Nyeri perut.

Apakah Kanker Usus Besar Bisa Sembuh?

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan sederhana pada perut dan anus untuk memastikan keberadaan benjolan. Selain itu juga akan dilakukan tes darah sederhana untuk memeriksa anemia defisiensi besi. Hal ini nantinya akan menunjukkan apakah ada atau tidaknya perdarahan dari usus yang belum disadari.

Terdapat berbagai pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kanker usus besar. Berikut ini adalah rangkaian perawatan yang digunakan menurut NHS Inform:

Melakukan Pembedahan

Prosedur di mana bagian usus besar yang terjangkit kanker akan diangkat sehingga jaringan kanker tidak akan menyebar lebih luas. Dinyatakan ini adalah cara paling efektif untuk kanker usus besar.

Kemoterapi 

Prosedur pengobatan atau terapi kanker dengan memberikan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Dokter biasanya akan memasukkan obat-obatan tersebut menggunakan jarum infus yang langsung dimasukkan ke dalam pembuluh darah. 

Radioterapi 

Prosedur pengobatan kanker dengan menggunakan teknologi radiasi. Di mana radiasi digunakan untuk membunuh sel kanker. Sehingga jaringan sel kanker akan hilang seiring berjalannya perawatan.

Terapi Biologi

Prosedur di mana pasien akan diberikan jenis obat baru yang akan meningkatkan efektivitas kemoterapi serta mencegah penyebaran kanker.

Apa Perbedaan Penyakit Ambeien dan Wasir?

Pada dunia medis, tidak ada perbedaan antara ambeien dan wasir. Baik wasir maupun ambeien adalah istilah yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyebut Hemorrhoids, yaitu kondisi medis yang berupa membengkaknya pembuluh darah vena di sekitar rektum atau anus.

Berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan ketika wasir atau ambeien tidak kunjung sembuh dilansir dari Mayo Clinic:

Makan Makanan Berserat Tinggi

Saatnya konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan juga biji-bijian. Mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi dapat melunakkan feses dan meningkatkan volume kepadatan feses. Hal yang lebih penting dari mengkonsumsi makanan berserat yaitu pastinya akan membantu menghindari kerasnya feses yang dapat memperburuk gejala dari wasir. Tambahkan juga asupan serat ke dalam program diet secara perlahan untuk menghindari masalah perut kembung.

Memakai Obat Topikal 

Oleskan krim wasir yang dijual bebas atau supositoria yang mengandung hidrokortison, atau gunakan pembalut yang mengandung witch hazel untuk meredam rasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Berendam Air Hangat atau Sitz Bath 

Rendam area anus dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit dua sampai tiga kali sehari. Selain itu lakukan juga terapi air hangat Sitz Bath yang dilakukan untuk merawat serta membersihkan perineum, yaitu area di antara anus dan kemaluan.

Obat Pereda Nyeri Oral 

Selain itu pengobatan lainnya dapat menggunakan obat minum Acetaminophen, Aspirin, dan Ibuprofen untuk membantu meredakan ketidaknyamanan pada wasir.

Dengan perawatan ini, gejala wasir seringkali hilang dalam waktu seminggu. Konsultasi segera dengan dokter One Onco dalam waktu satu minggu jika penyakit tidak kunjung sembuh, atau lebih cepat jika mengalami sakit parah hingga pendarahan.

Dalam upaya melawan wasir dan kanker usus besar, deteksi lebih awal memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, One Onco bisa menjadi solusi tepat dalam melakukan deteksi dini pada wasir hingga kanker usus. Layanan dan produk pilihan yang disediakan One Onco dapat menjadi pilihan terbaik sebagai langkah menjaga kesehatan.

One Onco juga memberikan layanan lengkap mulai dari layanan deteksi kanker, belanja produk kesehatan, cek dokter, rumah sakit hingga telekonsultasi. Bergabunglah dengan One Onco untuk mewujudkan perjalanan kesehatan yang lebih baik. Yuk mulai sekarang saatnya proaktif dalam menjaga kesehatan!

Referensi

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/bowel-cancer

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280