Apakah Kanker Lambung Bisa Sembuh?

Setiap penderita kanker, tak terkecuali kanker lambung pastinya memiliki kekhawatiran terhadap kondisi kesehatannya. Pemulihan dari penyakit kanker lambung pun menjadi pertanyaan. Terdapat sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi pemulihan dari kanker lambung. Upaya pengobatan juga bukan pengecualian. Lalu, apa saja yang menjadi faktor dan upaya pengobatan apa saja yang dapat mempengaruhi pemulihan? Berikut penjelasannya.

Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemulihan Kanker Lambung

Adapun sejumlah faktor yang dapat berpengaruh terhadap pemulihan kanker lambung, seperti stadium perkembangan kanker, jenis kanker lambung yang diderita, upaya pengobatan, dan kesehatan umum pasien.

Stadium Kanker Lambung

Stadium kanker menjadi faktor utama yang dapat berpengaruh terhadap pemulihan. Apabila perkembangan sel kanker baru memasuki stadium awal, maka peluang untuk pemulihan juga semakin besar. Karenanya, penting untuk mendeteksi sejak dini gejala kanker lambung, meskipun kanker lambung sulit untuk dideteksi sejak dini.

Jenis Kanker Lambung

Ada beberapa jenis kanker lambung, seperti adenokarsinoma atau kanker yang dijumpai pada sel-sel kelenjar di lambung merupakan jenis kanker yang dikaitkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Karsinoma sel skuamosa merupakan jenis kanker lambung berasal dari sel mukosa lambung. Ada juga karsinoid tumor, yaitu kanker yang berasal dari sel-sel dan membentuk hormon pada lambung. Berdasarkan jenis kanker lambung tersebut, karsinoma sel skuamosa dan karsinoid tumor memiliki tingkat pemulihan rendah dibandingkan jenis kanker lambung adenokarsinoma. 

Kondisi Kesehatan Penderita Kanker Lambung

Kesehatan penderita kanker secara umum juga tak kalah penting. Sistem imun yang kuat dapat memperbesar peluang pemulihan. Karenanya, menjaga agar kondisi tubuh tidak mengidap penyakit lainnya selama proses pemulihan sangat penting. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang dapat menghambat proses pemulihan.

Upaya Pengobatan Kanker Lambung

Selain faktor stadium, jenis, dan kondisi kesehatan secara umum penderita kanker lambung, upaya pengobatan juga turut mempengaruhi peluang pemulihan. Terdapat beberapa upaya pengobatan yang dapat dilakukan, seperti tindakan operasi, kemoterapi, dan imunoterapi.

Pelaksanaan tindakan operasi bertujuan mengangkat sel kanker berupa tumor dari lapisan dinding lambung. Tindakan ini mungkin dapat berlangsung dalam beberapa tahapan jika penyebaran dan perkembangan sel kanker sudah memasuki stadium lanjut. Upaya pengobatan lainnya adalah kemoterapi yang dapat membantu proses penghancuran dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dengan menyuntikkan obat anti-kanker ke dalam tubuh.

Tindakan operasi dan kemoterapi juga perlu diiringi dengan imunoterapi. Terapi ini bertujuan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kuatnya sistem imun dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, sehingga penyebarannya tidak semakin meluas. Penguatan sistem imun juga perlu didukung dengan asupan makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, juga asupan cairan yang cukup.

Referensi

  1. American Cancer Society. Stomach Cancer. [Internet] [cited 2023 October 24th]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/types/stomach-cancer.html
  2. Cancer Research UK. Stomach Cancer. [Internet] [cited 2023 October 24th]. Available from: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/stomach-cancer
  3. National Library of Medicine. The 2019 WHO Classification of Tumors of The Digestive System. [Internet] [cited 2023 October 24th]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7003895/