Apakah Hepatitis B Merupakan Penyakit Menular Seksual?

Hepatitis B merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV) dengan menyerang sel-sel pada hati. Ada beberapa dampak akibat terinfeksi virus hepatitis B, seperti infeksi akut, infeksi kronik, kerusakan sel-sel hati, bahkan dapat menyebabkan kanker hati. Meskipun jenis penyakit ini menyerang sel-sel pada hati, namun penularannya bisa terjadi dalam beberapa cara, salah satunya adalah melalui kontak seksual. Bagaimana penularan virus hepatitis B dapat terjadi melalui seks? Mari simak penjelasan berikut ini.

Penularan Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B dapat terjadi melalui beberapa media, seperti darah maupun cairan tubuh atau lendir yang terinfeksi virus hepatitis B. Selain itu, penularan virus Hepatitis B dapat berlangsung melalui beberapa cara, seperti penggunaan jarum suntik yang sama untuk beberapa orang, penggunaan pisau cukur secara bergantian, kontak langsung dengan luka atau darah yang berasal dari pengidap penyakit hepatitis B, hubungan seks, hingga pengendalian infeksi yang buruk pada fasilitas kesehatan masyarakat.

Penularan Hepatitis B Melalui Kontak Seksual

Salah satu cara penularan virus hepatitis B yang kerap kali terjadi adalah melalui hubungan seks dengan orang yang mengidap penyakit hepatitis B. Virus hepatitis B dapat ditemukan dalam air mani maupun cairan lainnya yang berasal dari sistem reproduksi. Karenanya, jika melakukan hubungan seks dengan seseorang yang mengidap penyakit hepatitis B terlebih tanpa menggunakan pengaman (kondom), maka peluang terinfeksi virus hepatitis B semakin besar.

Cara Mencegah Penularan Hepatitis B

Penting untuk mengetahui cara-cara mencegah penularan virus hepatitis B, karena orang yang mengidap penyakit hepatitis B sekali pun bisa saja tidak terlihat dalam kondisi sakit. Salah satu caranya adalah dengan tidak menggunakan alat suntik dan alat cukur yang sama secara bergantian. Selain itu, pengendalian infeksi yang baik pada fasilitas kesehatan juga diperlukan.

Menggunakan pengaman atau kondom saat berhubungan seks dan tidak melakukan aktivitas seks dengan banyak orang juga menjadi penting untuk mengurangi terjadinya penularan virus hepatitis B. Melakukan vaksinasi juga dapat mendukung upaya pencegahan penularan virus hepatitis B.

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. Viral Hepatitis Surveillance Report – United States, 2021. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.cdc.gov/hepatitis/hbv/index.htm
  2. Mayo Clinic. Liver Disease. [Internet] [cited 2023 October 30th]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-problems/symptoms-causes/syc-20374502